Rabu, 20 Nov 2019 17:20 WIB

Apa Alasan Sebenarnya GM Berhenti Jualan di RI? Gara-gara Setir?

Rizki Pratama - detikOto
Mekanik Chevrolet di diler Chevy Andalan Foto: Rizki Pratama/detikOto
Jakarta - General Motors Indonesia akan menghentikan penjualan mobil Chevrolet per bulan Maret 2020 mendatang. Meski berhenti menjual mobil, layanan purna jual dipastikan tetap berjalan.

Presiden GM Asia Tenggara Hector Villarreal sebelumnya secara gamblang mengatakan bahwa keputusan ini diambil setelah karena GM tidak untung di Indonesia. "Secara global, GM telah mengambil langkah-langkah yang sulit untuk memfokuskan aset dan sumber daya yang dimilikinya. Keputusan yang sulit ini konsisten dengan strategi global GM untuk tetap berfokus pada pasar yang memiliki jalur yang jelas untuk mencapai keuntungan yang berkesinambungan," ujarnya.



Salah satu diler Chevrolet, Andalan Chrisdeco pun angkat bicara soal ini. Branch Manager Chevrolet Andalan, Damianus Darto ditemui di salah satu dilernya di Sawah Besar, Jakarta Pusat, Rabu (20/11/2019) mengatakan bahwa pihaknya sendiri cukup terkejut dengan informasi dari General Motors Indonesia. Sebelumnya ia tidak menyangka akan menerima keputusan seperti ini atas penjualan mobil Chevrolet di Indonesia.

"Di level kita di pimpinan kepala cabang nggak ada pertemuan apa-apa, mungkin di level manajemen (saja) mungkin ya. Jadi kita waktu tanggal 28 itu dapat informasi bahwa General Motors stop selling di Maret akhir 2020 jadi informasi itu kita dapat dari top management sebenarnya," katanya.

Ia menduga kendala General Motors ada pada unit yang masih diimpor. Seperti diketahui untuk pasar Indonesia yang menggunakan setir kanan didatangkan dari pabrik di Korea Selatan. Pabrik itu sempat mengalami masalah ditambah lagi penjualan Chevrolet yang tak mencapai target di Indonesia memicu keputusan berhenti mengimpor dan menjualnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Chevrolet Pamit dari Indonesia, Bagaimana Nasib Penggunanya?"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com