Jumat, 15 Nov 2019 07:05 WIB

Daihatsu Terios 7 Wonders

Makan Malam Khas Sinonggi di Rumah Adat Mekongga di Kolaka

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rumah Adat Mekongga yang terletak ± 50 Km dari Bandara Sangia Ni Bendera ini merupakan duplikasi dari rumah peninggalan Raja Sangia Larumbalangi yang terkenal. Foto: Rangga Rahadiansyah Rumah Adat Mekongga yang terletak ± 50 Km dari Bandara Sangia Ni Bendera ini merupakan duplikasi dari rumah peninggalan Raja Sangia Larumbalangi yang terkenal. Foto: Rangga Rahadiansyah
Kolaka - Perjalanan Terios 7 Wonders di hari pertama mengunjungi rumah adat di Kolaka, Sulawesi Tenggara. Di rumah adat Mekongga, kami dijamu makan malam.

"Ini adalah rumah adat Mekongga. Dan beberapa di sini adalah miniatur rumah dari etnis di Sulawesi Tenggara," kata Kepala Dinas Pariwisata Kab. Kolaka Zulkarnain yang turut hadir dalam kegiatan Terios 7 Wonders di Kolaka, Sulawesi Tenggara.

Rumah adat Mekongga ini merupakan duplikasi dari rumah peninggalan Raja Sangia Larumbalangi. Raja itu terkenal dengan keberaniannya melawan elang raksasa yang mengganggu penduduk wilayah ini.



Lokasi rumah adat Mekongga terdapat di tengah kota Kolaka, menempati luas areal 2 hektar dan mencakup bangunan induk yang merupakan tempat pameran peninggalan benda-benda bersejarah serta pelaksanaan prosesi upacara adat budaya Mekongga.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com