Kamis, 14 Nov 2019 10:18 WIB

Bos Volkswagen Kini Ikut Pegang KIA di Indonesia

M Luthfi Andika - detikOto
Kia Indonesia Foto: Rizki Pratama/detikOto Kia Indonesia Foto: Rizki Pratama/detikOto
Jakarta - PT Kreta Indo Artha (KIA), anak perusahaan dibawah naungan Indomobil Group, resmi menjalankan distribusi kendaraan bermotor Kia di Indonesia. Menariknya, perusahaan ini dipegang oleh bos Volkswagen Indonesia.

"Kami merasa sangat bangga dan terhormat atas kepercayaan dan penunjukan langsung sebagai Importir dan Distributor Utama produk Kia baik untuk kendaraan penumpang maupun kendaraan komersial di Indonesia," ujar Presiden Direktur PT Kreta Indo Artha, Andrew Nasuri, yang juga menjabat sebagai Presiden Direktur PT Garuda Mataram Motor dalam Siaran Pers yang diterima detikcom.



Menyusul penunjukan resmi ini, PT Kreta Indo Artha akan bertanggung jawab atas seluruh penjualan dan layanan purna jual, termasuk jaminan atas semua kendaraan Kia baik kendaraan penumpang dan kendaraan komersial ringan. PT Kreta Indo Artha juga bertindak sebagai importir dan distributor resmi mobil Kia di Indonesia serta mengawasi seluruh jaringan Kia yang ada di Indonesia.

KIA resmi di bawah IndomobilKIA resmi di bawah Indomobil Foto: Rizki Pratama/detikOto


Sejalan dengan komitmen untuk menyediakan lebih banyak pilihan dan varian baru serta untuk mendukung dan memenuhi kebutuhan gaya hidup serta memberikan aspirasi bagi konsumen dan pengguna mobil Kia, PT Kreta Indo Artha (KIA) langsung menampilkan produk-produk unggulan dan terbaru dari Kia, seperti: Kia Picanto, Kia Rio, Kia Grand Sedona, dan Kia Big-Up K2700 (LCV), serta model KIA lainnya.



Penunjukan ini merupakan tonggak bersejarah yang mencerminkan kemitraan yang kuat antara Kia Motors Corporation dengan PT Kreta Indo Artha yang merupakan kerjasama antara PT Indomobil Sukses International (Tbk) dengan PT Sarimitra Kusuma Ekajaya dalam menjalankan bisnis KIA di Indonesia.

"Dengan bangga kami sampaikan bahwa saat ini jaringan distribusi yang terdiri dari 24 jaringan penjualan dan purna jual Kia di Indonesia, telah resmi menyatakan dukungan dan kesiapan mereka untuk bekerja sama dengan PT Kreta Indo Artha (KIA) sejak penunjukan resmi ke-agenan tunggal yang dilakukan pada bulan Mei 2019 yang lalu. PT Kreta Indo Artha (KIA) merasa optimis dengan potensi serta pertumbuhan Kia di Indonesia, yang merupakan pasar penting dan strategis yang menjadi salah satu fokus ekspansi usaha Kia Motors Corporation di kawasan ini," kata Andrew.



Selain itu PT Kreta Indo Artha (KIA) juga berkomitmen untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi pengguna mobil Kia melalui jaringan aftersales service dan ketersediaan suku cadang. PT Kreta Indo Artha (KIA) akan menguatkan dan menambahkan jaringan layanan aftersales yang saat ini fokus pada Jabodetabek dan kota-kota besar lain di Indonesia, seperti Surabaya, Malang, Medan, Palembang, Jogja, Solo dan Semarang dan tidak menutup kemungkinan di daerah lain di luar Jawa dan Sumatra. Selain itu, PT Kreta Indo Artha juga menyediakan Kia Guard24 Road Assistance dan memberikan 5 tahun garansi dengan kilometer yang tidak terbatas serta free jasa service 50,000km atau 4 tahun.

KIA resmi di bawah IndomobilKIA resmi di bawah Indomobil Foto: Rizki Pratama/detikOto


"Kami akan memanfaatkan pengetahuan, keahlian dan pengalaman yang kami peroleh dari pengalaman puluhan tahun dalam industri otomotif. Dengan upaya tanpa henti Kia tumbuh menjadi salah satu merek otomotif yang diminati di Indonesia. Dan kami percaya perjalanan kami menuju sukses tidak akan terjadi tanpa kemitraan dan dukungan terus menerus dari konsumen dan pengguna mobil Kia prinsipal dan business partners kami, " lanjut Andrew.

Adapun jajaran manajemen PT Kreta Indo Artha (KIA) digawangi oleh orang-orang yang sudah berkiprah puluhan tahun di industri otomotif, seperti: Bambang Subijanto yang menjabat sebagai Komisaris, PT Kreta Indo Artha. Andrew Nasuri - Presiden Direktur, PT Kreta Indo Artha, dan Meike Tumbelaka - Direktur, PT Kreta Indo Artha.

Berikut Jaringan KIA di Indonesia:

- Jawa & Bali

DKI Jakarta :

Kia Pantai Indah Kapuk, Kia MT Haryono, Kia Kebun Jeruk, Kia Yi Li Sha, Kia Radita, dan Kia BOS Bintaro.

Jawa Barat :

Kia Bandung Soekarno Hatta, Kia Bogor Pajajaran, Kia BOS Cibinong, Kia BOS Jatiasih, Kia BOS Bekasi Timur, dan Kia BOS Cinere.

Banten :

Kia Cimone dan Kia BOS Serang

Jawa Tengah :

Kia Semarang dan Kia Solo

DI Yogyakarta :

Kia Jogjakarta

Jawa Timur :

Kia Surabaya Gubeng, Kia Surabaya Arjuna, Kia Surabaya Wiyung, dan Kia Malang.

- Bali :

Kia Denpasar -Sumatera.

- Sumatera Utara :

Kia Medan Adam Malik

- Sumatera Selatan :

Kia Palembang

Pada 2020, KIA rencananya akan menambah jaringan penjualan dan pelayanan purna jual mereka di seluruh Indonesia menjadi 33 lokasi.

Simak Video "Detik-detik Mobil Grand Livina Terbakar di Tanjakan Jahim Ciamis"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com