Rabu, 13 Nov 2019 12:59 WIB

Ada Kebakaran, Toyota Batal Luncurkan Yaris Versi Balap

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Toyota Foto: Toyota
Sydney - Toyota memutuskan membatalkan peluncuran Yaris versi balap yang disebut Toyota GR Yaris di Australia. Penyebabnya tidak lain karena adanya kebakaran besar yang menghanguskan 1 juta hektar lahan di New South Wales (NSW), Australia.

Kebakaran itu juga menyebabkan reli Australia ikut batal. Sedianya Toyota akan merilis mobil Yaris itu di reli Australia pada 13 November 2019. "Toyota akan memberikan dukungan kepada mereka di area yang mengalami kebakaran," ujar Presiden Toyota Australia Matthew Callachor.



Waktu peluncuran akan diumumkan Toyota di masa depan. Padahal Toyota sebelumnya sudah memberikan teaser bagian belakang mobil yang cukup menggoda seperti terlihat di foto di atas.

Kebakaran yang menimpa NSW ini tergolong besar dan memaksa pemerintah setempat untuk menyatakan keadaan darurat. Ini adalah keadaan darurat pertama di NSW sejak Oktober 2013, ketika kebakaran hutan besar menerjang negara bagian itu dalam kondisi cuaca yang sama, gabungan antara angin kencang dan panas, serta lahan yang kering.

Pemadam kebakaran setempat mengatakan kondisi "bencana" diperkirakan terjadi di wilayah Sydney dan sekitarnya mulai hari Selasa (12/11/2019), sebelum memperluas peringatan ke wilayah Illawarra dan Shoalhaven.

Ini adalah pertama kalinya kawasan Sydney, termasuk Blue Mountains dan Central Coast, menghadapi peringatan bencana dalam 10 tahun sejarah peringkat bahaya kebakaran.

Kondisi panas dan berangin diperkirakan akan memicu kerusakan lebih lanjut, dengan suhu yang diperkirakan akan melonjak hingga pertengahan 30-an derajat.

Menteri Kepolisian New South Wales, David Elliot, mengatakan prakiraan cuaca berpotensi menyebabkan "pekan kebakaran paling berbahaya yang pernah dialami Australia".

Simak Video "Begini Penampakan All-New Toyota Yaris 2020"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com