Senin, 11 Nov 2019 10:54 WIB

Tiguan Allspace Cuma Bisa Muat 5 Orang Dewasa, Ini Kata VW

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Volkswagen (VW) Tiguan Allspace hadir sebagai opsi menarik bagi konsumen Indonesia. Sebab mobil buatan Jerman ini diklaim sudah mengusung konfigurasi 7-seater atau 7 penumpang. Sehingga di atas kertas, harusnya mobil ini bisa membawa 7 orang penumpang.

Namun kenyataannya, saat detikcom mencoba duduk di baris ketiga Tiguan Allspace tidak terlalu nyaman. Sebab posisi duduknya rendah, sehingga paha harus ditekuk ke atas.

Tiguan Allspace Cuma Bisa Muat 5 Orang Dewasa, Ini Kata VWFoto: Luthfi Anshori


Selain itu, ketika kursi baris kedua dimundurkan penuh, hampir tidak ada ruang kaki (leg room) bagi penumpang di baris ketiga. Tak hanya itu, ruang kepala (head room) juga sangat terbatas.



Walhasil, alih-alih disebut mobil SUV dengan konfigurasi 7-seater, Tiguan Allspace lebih cocok disebut mobil SUV dengan konsep jok 5 + 2. Artinya, kursi di baris belakang hanya opsional saja. Atau jika ingin memang betul-betul digunakan, lebih cocok untuk anak kecil.

Chief Operating Officer PT Garuda Mataram Motor, Jonas Chendana, tidak mempermasalahkan kalau ada anggapan Tiguan Allspace lebih cocok disebut sebagai SUV 5 + 2.

"Karena 3 baris itu ciri khas pasar Indonesia. Kebetulan VW punya dan kita bawa ke Indonesia," kata Jonas, di Jakarta, belum lama ini.

"(Soal penyebutan konfigurasi 5 + 2) Ya itu terserah. Yang penting 7 orang bisa masuk. Coba kalau yang 5-seater, 2 lagi taruh di mana?," sambung Jonas.

Menurut Jonas, pemikiran konsumen Indonesia soal mobil, yang terpenting bisa muat 7 orang dulu. Perkara apakah 7 kursi itu bisa dipakai semua orang dewasa, itu urusan kedua. Sebab belum tentu ketujuh kursi itu akan digunakan semuanya setiap hari.



"Yang penting sudah tersedia (7-seater) dulu," ujarnya.

Untuk diketahui, Tiguan Allspace merupakan model VW yang dirakit di daerah Cikampek, Jawa Barat. Mobil ini mulai diperkenalkan di Indonesia lewat ajang pameran GIIAS 2019, beberapa waktu lalu.

Simak Video "VW Combi Tahun 1978 Terbakar, 2 Penumpang Selamat "
[Gambas:Video 20detik]
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com