Jumat, 08 Nov 2019 07:08 WIB

Kiprah GM, Pionir Otomotif RI Kini Kibarkan Bendera Putih

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: M Luthfi Andika Foto: M Luthfi Andika
Jakarta - General Motors (GM) sebenarnya bukan pemain baru di industri otomotif Indonesia. Malah bisa dibilang GM merupakan pembuka industri otomotif Indonesia.

Beberapa waktu lalu, Jusuf Kalla, saat masih menjabat sebagai Wakil Presiden RI ketika membuka pameran GIIAS 2019 Juli lalu, mengilas balik sejarah otomotif Indonesia. Dia bilang, industri otomotif Indonesia hidup sebelum Indonesia merdeka, sekitar 92 tahun yang lalu.

"Sudah ada assembling dari General Motors di Tanjung Priok (saat itu)," kata JK, Juli 2019 lalu.



Mengutip sejarah yang ditayangkan di laman resmi Chevrolet Indonesia, perjalanan GM di Indonesia dimulai pada 1927. Ketika itu, GM mendesain, membuat dan menjual kendaraan terbaik yang menawarkan keamanan, kualitas, layanan konsumen tingkat tertinggi di setiap industri.

Selanjutnya, pada 1938 GM membangun pabrik di Tanjung Priok, Jakarta Utara. Pabrik itu dibangun untuk mengakomodasi permintaan mobil yang semakin meningkat saat itu. Pabrik tersebut sekaligus juga menjadi pabrik otomotif pertama di Indonesia.

Dikutip Reuters, pabrik GM akhirnya menyerah pada pertengahan tahun 1950-an. Kemudian, menurut cerita JK, pabrik perakitan itu dipakai oleh Astra untuk merakit mobil Toyota.



"Tahun 1971, Toyota mulai memproduksi Corolla dan Land Cruiser di pabrik Gaya Motor milik Astra di Jakarta Utara, lokasi yang sama dengan pabrik GM," tulis Reuters pada 2013 lalu.

Tahun 1993, GM kembali ke Indonesia. Saat itu, GM Indonesia dibentuk berkat patungan antara GM (kepemilikan saham 60%) dan perusahaan lokal, Garmak Motor (40%). Saat itu, GM merakit mobil Opel di pabriknya di Bekasi.

Namun, pada 2005, pabrik GM di Bekasi ditutup. Pada 2006 GM Indonesia fokus pada perusahaan penjualan melalui (PT GM AutoWorld Indonesia).

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com