Selasa, 05 Nov 2019 17:24 WIB

Mobil Pemecah Rekor Kecepatan Siap Tembus 1.600 Km/Jam!

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Bloodhound
Northern Cape, Afsel - Mobil jet pemecah rekor Bloodhound LSR bersiap untuk memecahkan rekor baru kecepatan dan mulai melakukan tes kecepatan. Mobil sudah melakukan uji kecepatan tinggi di trek balap gurun Hakskeenpan di Afrika Selatan.

Dalam tes yang didokumentasikan lewat video itu sang pengemudi, Any Wallace mencatatkan angka 334 mil per jam atau setara 537 km per jam. Melalui tes itu juga mendapatkan hasil kecepatan dari 80 km per jam hingga 480 km per jam dapat direngkuh dalam waktu 13 detik saja sedangkan dari berhenti hingga mencapai kecepatan 537 km per jam memakan waktu 20 detik.



Di setiap tes kecepatannya Bloodhound secara bertahap meningkatkan kecepatan dalam kelipatan 80 km per jam dengan tujuan untuk mencapai lebih dari 800 km per jam. Setelah mencapai 537 km per jam, Bloodhound LSR mencapai 611 km per jam dalam tes selanjutnya. Kecepatan 611 km per jam itu diraih dalam waktu 27 detik!

Seperti yang ditunjukkan dalam video yang dirilis oleh Bloodhound, ini juga menandai pertama kalinya parasut mobil jet diuji. Parasut itu dikeluarkan pada kecepatan 547 km per jam untuk memperlambat mobil dengan kecepatan tinggi.

"Rekaman video menunjukkan penggunaan fitur parasut di belakang mobil, hanya satu detik setelah saya menarik tuas parasut. Tim teknik dan saya senang semua kerja keras merancang sistem penempatan terbayarkan," kata Andy Green.



Pada tes selanjutnya Bloodhound LSR kemudian mencatat kecepatan 461 mil per jam atau setara 741 km per jam. Torehan tersebut merupakan hasil tercepat yang pernah dicapai mobil jet saat tim tersebut semakin mendekati memecahkan rekor kecepatan darat saat ini. Pengujian diberhentikan setelah angin mulai bertiup semakin kencang dan ada beberapa kerusakan di bagian body mobil jet itu.

Tes ini akan memberikan data penting untuk membantu Bloodhound mempersiapkan mobil untuk upaya pemecahan rekornya dalam 12-18 bulan ke depan. Rekor darat yang harus dilampaui adalah 763 mil per jam atau 1.227 km per jam. Rekor tersebut dicatatkan Thrust SSC oleh Andy Green pada tahun 1997. Jika rekor terpecahkan, target selanjutnya adalah menggapai kecepatan 1.000 mpj atau 1.600 km per jam.



Proyek pemecahan rekor kecepatan ini dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama adalah untuk menembus kecepatan 1.227,9 km per jam. Hal ini perlu agar para insinyur mengetahui performa mobil saat memasuki tahap transonic dan kemudian tahap kecepatan supersonic. Setelah tahap pertama sukses, tim akan mereview data dan mengatasi hambatan teknis sebelum memasuki tahap kedua, yakni sukses menembus kecepatan 1.000 mil per jam atau 1.600 km per jam.

Mobil Bloodhound LSR merupakan kombinasi dari jet, mobil F1 dan pesawat ruang angkasa.

Simak Video "Review Yaris 2020, Senjata Toyota Lawan Honda Jazz"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com