Sabtu, 02 Nov 2019 13:08 WIB

Mengulik Spesifikasi Sedan Terbaru Mercedes-Benz A-Class

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Rizki Pratama/detikOto Foto: Rizki Pratama/detikOto
Jakarta - Sedan Mercedes-Benz A-Class merupakan mobil kompak ke-5 dari jajaran penjualan Mercedes-Benz di Indonesia setelah A-Class Hatchback, B-Class, CLA Coupé, dan GLA. Sedan ini dipasarkan mulai hari ini berselang satu tahun dari peluncuran Hatchbacknya di akhir tahun 2018 lalu.

Meski sama-sama A-Class, dalam bentuk sedan tentu ada tawaran lainnya. Nah, apa saja ya keunggulan dari generasi ke-4 A-Class yang pertama kali tersedia model sedannya.



Dari tampilan luarnya, mobil ini mengunggulkan faktor aerodinamis. Hal itu disampaikan melalui sentuhan sporty dan modern dengan desain Sensual Purity yang menegaskan permukaan kendaraan. New A-Class Sedan dikatakan memiliki proporsi mobil sedan yang dinamis dan compact dengan overhang pendek di depan dan belakang.

Mercedes-Benz A-ClassMercedes-Benz A-Class Foto: Rizki Pratama/detikOto


Aerodinamis Mercedes-Benz New A-Class Sedan dikatakan menyamai rekor dunia dari CLA Coupé. Berkat area depan seluas 2,19 m² lebih kecil dari CLA, New A-Class Sedan diklaim memiliki hambatan aerodinamis terendah dari semua kendaraan yang diproduksi di seluruh dunia saat ini. Keunggulan aerodinamis merupakan faktor penting dalam konsumsi bahan bakar rendah dalam kondisi berkendara yang sesungguhnya.

Greenhouse terletak jauh di belakang dengan desain ruang belakang yang ringkas memberikan kesan dinamis pada desain kendaraan. Kehadiran pelek 18 inci dan lengkungan roda yang mencolok memberikan sentuhan sporty.



Desain sisi depan tampil progresif ditambah kap mesin yang rendah dan memanjang, lampu depan ramping dengan elemen krom, lampu mengemudi siang hari dan ditambah grille radiator louvre tunggal berlogo Mercedes-Benz di tengahnya.

Bahu kendaraan kekar dengan garis karakter memanjang tepat di bawahnya menekankan volume samping yang berkontur. Kedua kaca spion berada tepat pada beltline.

Masuk ke dalam kabin Interior Mercedes-Benz new A-Class sepenuhnya dirancang ulang dengan tampilan modern dan avant-garde. Mercedes-Benz telah memilih sebuah pendekatan baru, dengan memberikan kesan lapang pada interior kendaraan. Arsitektur interior yang unik secara khusus terbentuk oleh desain dashboard avant-garde, dengan kehadiran layar lebar.

Mercedes-Benz A-ClassMercedes-Benz A-Class Foto: Rizki Pratama/detikOto


Di balik kap mesin tersimpan mesin bensin A 200 Progressive Line 4-silinder turbocharged yang menghasilkan 120 kW/ 163 hp dan 250 Nm dengan transmisi kopling ganda 7G-DCT. Mesin tersebut menelan bahan bakar gabungan 5,5 liter setiap 100km dengan emisi CO2 gabungan 126-120 g/ km.

Untuk fiturnya A-Class ini tentu juga sudah disematkan MBUX dengan fitur unik artificial intelligence, sistem ini mampu mempelajari preferensi pengguna kendaraan untuk menyesesuaikan diri dan beradaptasi dengan pengguna, dan menciptakan hubungan emosional antara kendaraan, pengemudi dan penumpang.

Keunggulan lainnya termasuk Widescreen Cockpit resolusi tinggi dengan fitur operasi layar sentuh pada layar media, layar navigasi plus kontrol suara cerdas dengan pengenalan suara alami, menggunakan kata kunci "Hey Mercedes". MBUX termasuk konektivitas ke ponsel dengan Android Auto dan Apple CarPlay.



Mobil ini mengadopsi fungsi unggulan dari S-Class melalui expanded Active Brake Assist sebagai standar. Pada situasi tertentu, system ini dapat secara efektif membantu mengurangi konsekuensi dari benturan dengan kendaraan lain di depan yang bergerak lebih lambat, berhenti atau diam, dan bahkan dengan pejalan kaki yang menyeberangi jalan dan pengendara sepeda.

Ada pula fitur Driving Assistance Systems termasuk Cruise control and Active Parking Assist with PARKTRONIC dan kamera mundur untuk memastikan keamanan dan kenyamanan saat memarkir kendaraan. Fitur di kabin New A-Class dilengkapi dengan airbag untuk pengemudi dan penumpang depan, airbag lutut pengemudi dan airbag jendela sebagai fitur standar.

Mercedes-Benz A-ClassMercedes-Benz A-Class Foto: Rizki Pratama/detikOto


Di entry-level, sedan ini sudah memiliki beragam fitur standar lengkap termasuk kursi depan elektrik adjustable dengan fungsi memori dan 4-way lumbar support, pengatur suhu otomatis Thermotronic, Advanced Sound System (9 loudspeaker & 1 subwoofer, output 225 Watt) dan sandaran kursi belakang lipat easy-pack dengan split 40:20: 40 yang praktis.

Berbekal keunggulan tersebut mobil ini dibanderol dengan harga off the road Rp 799.000.000.

Simak Video "Klub Mobil Sedan Mewah Kepincut Destinasi Wisata Banyuwangi"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com