Jumat, 01 Nov 2019 17:34 WIB

Mesin Gran Max dan Luxio Mati Mendadak, Ini Gejalanya

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Daihatsu Luxio Foto: Daihatsu Luxio
Jakarta - PT Astra Daihatsu Motor (ADM) melakukan penarikan kembali (recall) untuk model Gran Max 1.5 dan Luxio untuk produksi Maret 2018 hingga April 2019. Dalam investigasi yang dilakukan ADM, masalah ditemukan pada komponen connecting road.

Koordinator Eksekutif Technical Service Astra Daihatsu Motor Anjar Rosadi menyebut sejauh ini baru ada enam mobil yang dilaporkan bermasalah berkaitan dengan hal tersebut, semuanya adalah Gran Max 1.5.



"Dari 6 unit yang kebetulan terjadi kebetulan kemarin so far ada mesin mati. Kejadian terjadi di Daihatsu Gran Max," tutur Anjar saat konferensi pers di Jakarta Utara, Jumat (1/11/2019).

DaihatsuDaihatsu Foto: Ridwan Arifin


Ia menjelaskan ada gejala yang timbul saat mobil dipakai berjalan. Paling santer dirasakan bunyi dari mesin.

"Di jalan normal itu akan menimbulkan suara berisik dan kemudian mesin akan mati, kalau dia kondisinya menanjak kurang lebih sama, ada suara kemudian mesin mati, pada posisi turun juga sama ada suara kemudian mesin mati, namun karena mesin mati ini tidak ada engine brake, jadi diharapkan lebih berhati-hati," tutur Anjar.



Anjar melanjutkan, bila dilanjutkan berjalan stang seher atau connecting road tersebut berpotensi patah. Sehingga sebagai antisipasi PT ADM akan melakukan recall pada mesin 1.5L dengan kode 3SZ yang digunakan pada Gran Max dan Luxio. Total unit yang terlibat dalam di-recall, sejumlah 36.915 unit.

Pada penggantian komponen ini, pelanggan tidak akan dikenakan biaya apapun, alias gratis, estimasi pengerjaan bakal dilakukan selama 14 jam. Selain itu, pelanggan juga akan mendapat apresiasi berupa voucher paket ganti oli mesin gratis untuk service berikutnya bagi yang berpartisipasi dalam program ini.

Simak Video "Di Jepang, Kakek-Nenek Dilatih Agar Aman Berkendara"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com