Jumat, 01 Nov 2019 13:22 WIB

PSA dan FCA Gabung Kekuatan, Jadi Raksasa Mobil No 4 Dunia

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Peugeot e-208 Foto: Peugeot Peugeot e-208 Foto: Peugeot
Detroit/Paris - Dua perusahaan besar di industri otomotif, PSA (Peugeot-Citroen) dan FCA (Fiat Chrysler Automobiles) akhirnya meleburkan diri menjadi satu. Peleburan keduanya akan menciptakan raksasa mobil nomor 4 di dunia.

Dalam siaran pers yang diterima detikcom, keduanya sepakat membentuk grup baru dengan pembagian komposisi saham yang rata alias 50:50 untuk kedua grup .



Jika digabung dari sisi penjualan mobil, keduanya akan mencetak angka 8,7 juta per tahun. Cukup untuk menjadikan grup baru itu sebagai raksasa mobil nomor 4 dunia, setelah Volkswagen, Toyota dan aliansi Renault-Nissan. Jika FCA dan PSA digabung maka pendapatannya mencapai 170 miliar euro dengan laba operasi lebih dari 11 miliar euro.

Kedua grup besar beda benua itu bergabung demi menyatukan kekuatan menghadapi era mobilitas yang baru dan sekaligus menciptakan efisiensi

Gabungan keduanya akan menciptakan mobil yang kuat dan bagus di segmen mewah, mobil penumpang, SUV, serta truk ringan atau truk komersial. FCA akan bisa mendapatkan akses untuk platform kendaraan PSA yang lebih modern, agar mempermudah mereka mengatasi standar emisi yang lebih ketat. Sementara bagi PSA, mereka akan belajar dari FCA mengenai cara mengambil keuntungan dari line up mobil seperti RAM dan Jeep.



Untuk memimpin grup baru ini, ditunjuk John Elkann dari FCA sebagai Chairman, sementara Carlos Tavares akan bertindak sebagai CEO perusahaan hasil merger. Merek-merek mobil yang berada di bawah naungan grup ini cukup banyak. PSA punya merek seperti Peugeot, Citroen, DS Automobiles, Vauxhall dan Opel, sedangkan FCA punya merek seperti Jeep, Ram, Chrysler, Dodge, Alfa Romeo, Lancia, Maserati, dan juga Abarth.



Simak Video "Jelang DWP, Yaris Gelar Event Anak Muda"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com