Rabu, 30 Okt 2019 19:42 WIB

Benar Nih Mobil Jepang Lebih Baik dari Mobil Amerika?

Dina Rayanti - detikOto
Ilustrasi mobil Jepang. Foto: Ari Saputra Ilustrasi mobil Jepang. Foto: Ari Saputra
Jakarta - Popularitas mobil Jepang sudah tak perlu diragukan lagi di dunia. Mobil-mobil merek Jepang ini tak hanya jago kandang dan laris manis di berbagai negara. Bahkan di Amerika yang juga diketahui sebagai negara produsen mobil, warganya lebih memilih untuk menggunakan mobil Jepang seperti tampak dalam survey cars.com.

Mobil Jepang
dinilai memiliki kualitas yang baik dibanding mobil Amerika. Benarkah demikian? Mengutip situs Hot Cars, Rabu (30/10/2019), mobil Jepang dikenal lebih tahan lama dari sisi kualitas. Mobil lebih tahan banting dan biasanya berumur panjang.


Selain itu, mobil Jepang juga hemat dalam penggunaan bahan bakar dibandingkan mobil Amerika yang disebut-sebut lebih boros.

Namun kalau bicara desainnya, mobil Jepang dinilai lebih kaku. Perubahan desain mobil biasanya tak dilakukan secara besar-besaran. Sementara untuk mobil Amerika, masih memiliki desain yang stylish. Desain mobil Amerika juga disesuaikan dengan keinginan konsumen.

Ilustrasi ChevroletIlustrasi Chevrolet Foto: dok detikcom


Meski kerap mendapat kritikan karena desain yang cenderung monoton, mobil Jepang dinilai memiliki harga terjangkau. Pun demikian dengan suku cadangnya. Suku cadang mobil Jepang disebut murah.

Tentu ini penting bagi konsumen dan menjadi salah satu pertimbangan sebelum membeli mobil. Selain suku cadang yang dijual murah, biaya servis mobil juga terbilang terjangkau. Dengan demikian konsumen bisa lebih sedikit menghemat pengeluarannya.


Meskipun suku cadang lebih murah, tak lantas membuat mobil kualitasnya buruk. Komponennya kuat-kuat sehingga pemilik mobil tak perlu bolak-balik ke bengkel karena khawatir suku cadangnya cepat rusak.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com