Rabu, 30 Okt 2019 11:53 WIB

Toyota: Mobil Hybrid Menteri Perawatannya Nggak Mahal

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Mobil dinas baru yakni Toyota Crown 2.5 HV G-Executive. Foto: Lamhot Aritonang Mobil dinas baru yakni Toyota Crown 2.5 HV G-Executive. Foto: Lamhot Aritonang
Tokyo - Toyota sudah mengirim mobil hybrid Toyota Crown untuk armada mobil menteri. Toyota mengklaim mobil hybrid tidak mahal perawatannya tidak terlalu jauh dengan mobil konevensional.

"Mobil hybrid itu kan banyak yang takut perawatannya mahal, nggak kok sama saja dengan mobil konvensional," ujar Wakil Presiden PT Toyota-Astra Motor Henry Tanoto saat ditemui wartawan Indonesia di Tokyo, Jepang.



Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor Fransiscus Soerjopranoto menambahkan mobil dinas menteri Toyota Crown Hybrid merupakan kendaraan dinas menteri yang secara spesifikasi ditentukan oleh pemerintah pada saat pra-tender.

Toyota: Mobil Hybrid Menteri Perawatannya Nggak MahalFoto: Toyota


"Jadi pengadaannnya melalui proses tender. Untuk harga dan alasan memilih dapat ditanyakan ke sekretariat negara. Jadi tidak terkait dengan dengan kebijakan dan regulasi EV," ujar Suryo.



Sekadar informasi, dalam proses lelang, pemerintah memilih Toyota Crown 2.5 HV G-Executive yang telah mengusung teknologi hybrid sebagai kendaraan dinas para menteri dan pejabat setingkat.

PT Astra International Tbk-TSO menyediakan 101 unit mobil untuk menteri-menteri baru yang telah dilantik itu dengan total nilai lelang Rp 147.229.317.000.

Tapi tak seperti mobil presiden dan wakil presiden yang dilengkapi beragam fitur keamanan nomor wahid, pihak Toyota mengaku tidak ada yang spesial dalam Crown 2.5 HV G-Executive. Di Jepang, mobil Crown hybrid ini malah banyak yang jadi mobil taksi, meski bukan model barunya.

Simak Video "Mengenal Kecanggihan Mobil Menteri Jokowi Seharga Rp 1,5 Miliar"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com