Selasa, 29 Okt 2019 07:22 WIB

Laporan dari Jepang

Di Jepang, Kakek-Nenek Dilatih Lagi Cara Aman Berkendara

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Lansia Jepang diberi pemahaman aman berkendara. Foto: Rangga Rahadiansyah Lansia Jepang diberi pemahaman aman berkendara. Foto: Rangga Rahadiansyah
Matsusaka - Daihatsu di Jepang punya cara unik untuk mendukung keselamatan berkendara di jalan raya. Pabrikan otomotif yang kini berada di bawah payung Toyota ini melatih para lansia untuk aman berkendara.

Pelatihan aman berkendara untuk lansia ini dilaksanakan di dealer Daihatsu Mie di kota Matsusaka, Prefektur Mie, Jepang. Hayashi, President of Mie Daihatsu Sales mengatakan pihaknya mulai melatih kakek-nenek untuk aman berkendara sejak 2016.



"Kami mengadakan aktivitas ini dengan dua latar belakang. Pertama adalah karena penurunan angka kelahiran dan peningkatan rasio penduduk usia lanjut. Peningkatan usia lanjut lebih cepat dan diasumsikan akan berdampak pada industri otomotif juga," kata Hayashi di dealer Daihatsu Mie di kota Matsusaka, Prefektur Mie, Kamis (24/10/2019) lalu.

Di Jepang, Kakek-Nenek Dilatih Lagi Cara Aman BerkendaraFoto: Rangga Rahadiansyah


Di Jepang, banyak pengemudi usia lanjut yang masih menyetir. Kata Hayashi, banyaknya kecelakaan karena pengemudi usia lanjut menjadi latar belakang mengapa pihaknya mengadakan pelatihan aman berkendara ini.

"Banyak berita di Jepang kecelakaan karena kemampuan dan menurunanya respons pengemudi berusia lanjut," kata dia.



Apalagi, kata Hayashi, di kota kecil di Prefektur Mie, wilayah selatan Jepang, tak banyak angkutan umum sehingga untuk berpergian masyarakatnya masih mengendarai mobil. Para lansia pun masih menyetir mobil.

Di Jepang, Kakek-Nenek Dilatih Lagi Cara Aman BerkendaraFoto: Rangga Rahadiansyah


"Kami sangat yakin pasti melalui aktivitas ini kecelakaan akan berkurang. Karena melalui aktivitas ini ada pendapat dari partisipan bahwa banyak yang mereka baru tahu tentang keselamatan berkendara. Kalau tidak ada aktivitas ini, ada kemungkinan mereka ini ada kecelakaan. Ini akan mendukung untuk mengurangi angka kecelakaan," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Di Jepang, Kakek-Nenek Dilatih Agar Aman Berkendara"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com