Sabtu, 26 Okt 2019 08:25 WIB

Laporan dari Tokyo

Toyota: Mobil Hybrid Kian Digemari Orang

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: dok PT Toyota-Astra Motor Foto: dok PT Toyota-Astra Motor
Jakarta - Beberapa kalangan masih merasa pesimis dengan perkembangan mobil elektrifikasi. Namun ternyata angka di pasaran menunjukkan data yang sebaliknya. Mobil elektrifikasi seperti mobil hybrid kian diterima di pasaran.

"Di Thailand, hampir 40 persen mobil C-HR yang terjual adalah mobil hybrid. Sementara untuk Camry hampir 70 persen yang terjual hybrid. Dan meski baru diluncurkan bulan lalu, konsumen yang menyukai sedan Corolla hybrid melebihi ekspektasi kami. Hal ini menunjukkan teknologi hybrid Toyota merupakan solusi yang bagus untuk mengurangi ketergantungan pada bahan bakar minyak, untuk sekarang dan di masa depan," ujar Wakil Presiden Toyota Motor Asia Pasifik David Nordstrom seperti dilaporkan wartawan detikcom, Dadan Kuswaraharja, dari Tokyo, Jepang.



Dengan menggunakan mobil hybrid, lanjut David, memberikan pengurangan yang signifikan pada emisi kendaraan. Mobil hybrid juga mengurangi ketergantungan pada minyak dan membuat teknologi otomotif kian maju. "Beberapa kalangan menilai terlalu prematur untuk berpikir soal mobil elektrifikasi di Asia, tapi nyatanya bukan itu masalahnya," ujarnya.

Di Indonesia sendiri, mobil C-HR yang terjual menurut Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor (TAM), Fransiscus Soerjopranoto paling banyak atau 70 persen merupakan mobil hybrid.



Dengan penerimaan yang bagus di masyarakat, Toyota akan mengenalkan lagi lebih banyak kendaraan berbasis baterai. Selain itu Toyota juga menyiapkan model bisnis agar baterai mobil bisa didaur ulang dan kembali mendapatkan manfaatnya.

"Pada bulan Agustus, Toyota membuka fasilitas 3R di luar Thailand. 3R merupakan singkatan dari Rebuild, Reuse, dan Recycle untuk baterai mobil. Ini merupakan fasilitas 3R pertama Toyota di luar Jepang, dan pertama di kawasan Asia Pasifik. Fasilitas ini juga bisa menerima baterai dari merek kendaraan lain," ujar David.

Simak Video "Mengenal Kecanggihan Mobil Menteri Jokowi Seharga Rp 1,5 Miliar"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com