Jumat, 25 Okt 2019 15:07 WIB

Laporan dari Tokyo

Nissan Tepis Isu 'Ceraikan' Datsun

Zulfi Suhendra - detikOto
Foto: ilustrasi datsun Foto: ilustrasi datsun
Jakarta - Nissan Motor menegaskan bahwa mereka masih memproduksi mobil murah Datsun. Sebelumnya tersiar kabar bahwa Nissan akan menyetop produksi mobil murah tersebut.

Nissan Corporate Vice President Global Product Strategy and Product Planning Division, Ivan Espinosa mengatakan, saat ini perusahaan masih memproduksi mobil Datsun.


"Datsun salah satu brand dari grup kami. Kami masih memproduksi itu," ujar dia singkat kepada detikcom saat dimintai tanggapan di Nissan Technical Center, Atsugi, Jepang, Jumat (25/10/2019).

Sebelumnya diberitakan Nissan dikabarkan akan melepas merek mobil murahnya Datsun karena dianggap tak lagi menguntungkan. Penjualan Datsun di beberapa negara termasuk Indonesia disebut tak lagi membantu meningkatkan penjualan Nissan.

Diberitakan Reuters, Jumat (25/10/2019) melepas Datsun merupakan bagian dari inisiatif Nissan untuk kembali memulihkan kondisi keuangannya.


Tak cuma itu, Nissan juga bakal memangkas produksinya di beberapa pabrik di luar China, mengurangi penjualan secara borongan, dan menyuntik mati mobil-mobilnya kurang laris di pasaran. Penjualan Datsun sendiri diklaim kurang moncer dalam beberapa tahun ke belakangan.

Di Indonesia pun demikian. Performa penjualan Datsun terlihat merosot karena minimnya model baru. Bahkan mobil baru Datsun, Cross kurang mendapat sambutan baik di Indonesia seperti terlihat dalam data penjualan yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). Persaingan pun semakin ketat seiring datangnya para pendatang baru yang menawarkan mobil lebih murah.

Simak Video "Berdandan, Nissan X-Trail Punya Puluhan Fitur Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(zul/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com