Jumat, 25 Okt 2019 11:23 WIB

Laporan dari Tokyo

Mobil Pembantu Jokowi yang Kinclong Sudah Dikirim, Siap Dipakai

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Toyota Crown. Foto: Toyota Toyota Crown. Foto: Toyota
Tokyo - Mobil menteri-menteri kabinet Indonesia Maju, Toyota Crown Hybrid, sudah dikirimkan Toyota ke pemerintah. Mobil kinclong akan menggantikan mobil-mobil Toyota Crown Royal Saloon yang umurnya sudah uzur.

"Sudah dikirim, mobilnya sudah delivery, mungkin harus dicek ke Kementerian Sekretariat Negara ya," ujar Wakil Presiden PT Toyota-Astra Motor Henry Tanoto menjawab pertanyaan detikcom di Tokyo, Jepang.



Seperti halnya penjualan mobil ke konsumen biasa, Toyota menyerahkan ke pemiliknya kapan waktu yang tepat untuk menggunakan mobil baru.

"Kita mau jual ke orang, orang mau terserah mau kapannya. Sudah ada di dilernya, tergantung orangnya kalau mau masukin garasi dulu atau gimana. Dia kan negara udah beli masak kita yang ngatur, negaranya yang instruksi, bukan Toyota-nya, kita nggak tahu negara instruksinya bagaimana, kan itu punya negara," ujarnya.

Mobil Pembantu Jokowi yang Kinclong Sudah Dikirim, Siap DipakaiFoto: Toyota




Dalam proses lelang, pemerintah memilih Toyota Crown 2.5 HV G-Executive yang telah mengusung teknologi hybrid sebagai kendaraan dinas para menteri dan pejabat setingkat. PT Astra International Tbk-TSO menyediakan 101 unit mobil untuk menteri-menteri baru yang telah dilantik itu dengan total nilai lelang Rp 147.229.317.000.

Tapi tak seperti mobil presiden dan wakil presiden yang dilengkapi beragam fitur keamanan nomor wahid, pihak Toyota mengaku tidak ada yang spesial dalam Crown 2.5 HV G-Executive. Di Jepang, mobil Crown hybrid ini malah banyak yang jadi mobil taksi, meski bukan model barunya.

Simak Video "Mengenal Kecanggihan Mobil Menteri Jokowi Seharga Rp 1,5 Miliar"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com