Rabu, 23 Okt 2019 20:31 WIB

Mobil Baru untuk Presiden Anti-Peluru, Bagaimana dengan Menteri?

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Toyota Foto: Toyota
Jakarta - Pemerintah telah menentukan pilihan terhadap Mercedes-Benz S 600 Guard model terbaru untuk menjadi mobil dinas Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin periode 2019-2024. Mobil keluaran Jerman itu dipilih langsung oleh pemerintah dengan alasan keamanan.

Mobil telah dibekali dengan fitur keamanan canggih untuk melindungi penumpang di dalamnya.


Umumnya untuk kendaraan dinas presiden dan wakil presiden dibekali dengan fitur anti-peluru hingga anti-ledakan agar tetap bisa melintas di keadaan darurat sekalipun. Ban juga sudah mengusung run flat tyre sehingga meski kondisinya sedang kempis masih tetap bisa berjalan.

Selain Jokowi dan Ma'ruf Amin, para menteri di bawah kepemimpinan keduanya pun akan mendapatkan mobil dinas baru. Kementerian Sekretariat Negara juga menyiapkan mobil dinas baru dengan besar anggaran Rp 152.540.300.000. Pengadaan mobil baru untuk menteri tersebut diperoleh melalui proses Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).

Foto: Toyota


Hingga akhirnya terpilih Toyota Crown 2.5 HV G-Executive yang telah mengusung teknologi hybrid sebagai kendaraan dinas para menteri dan pejabat setingkat. PT Astra International Tbk-TSO menyediakan 101 unit mobil untuk menteri-menteri baru yang telah dilantik itu.

Tapi tak seperti mobil presiden dan wakil presiden yang dilengkapi beragam fitur keamanan nomor wahid, pihak Toyota mengaku tidak ada hal spesial dalan Crown 2.5 HV G-Executive.

Yang jelas Toyota diminta untuk menyediakan beberapa aksesoris untuk menjadi penanda kendaraan dinas menteri itu.


"Normal-normal aja sih. Tipe yang kita masukin di Jepang dijual normal juga sih bukan tipe khusus. Nggak ada yang khusus sih, yang umum-umum aja kayak kaca film, tiang bendera untuk bendera Indonesia, tempat pelat nomor, karena pelat nomornya ada tiga kalau nggak salah," jelas Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor Anton Jimmi Suwandy belum lama ini.

Toyota sendiri sudah membekali Crown dengan beragam fitur seperti Pre-Collision Safety System yang bisa mendeteksi pejalan kaki dan juga pesepeda, Dynamic Radar Cruise Control, Lane Tracing Assist, Automatic High Beam, Adaptive High Beam System, dan Road Sign Assist.

Simak Video "Pimpinan DPR-MPR Sudah Gunakan Mobil Dinas Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com