Senin, 21 Okt 2019 12:36 WIB

Ciri Khas Diler Milik Jusuf Kalla Jualan Mobil di Sulawesi

Rizki Pratama - detikOto
Toyota Avanza Sebangsa Makassar. Foto: Rizki Pratama Toyota Avanza Sebangsa Makassar. Foto: Rizki Pratama
Makassar - Di Sulawesi, Mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, dikenal dengan bisnis mobilnya di bawah nama Hadji Kalla Toyota. Walaupun pulau tersebut memang kampung halamannya, kesuksesan grup itu juga tak luput dari penanganan pasar yang tepat.

Tanpa menghilangkan visi dari Toyota, Hadji Kalla Toyota punya keunikannya sendiri dalam melayani pelanggan khusus di Pulau Sulawesi. Di sana Hadji Kalla Toyota mengutamakan nilai kekeluargaan dengan pelanggannya.



"Keunikannya sebenarnya Toyora sendiri sudah memberikan keunikan khusus ya, ada treatment pelayanan yang berbeda di masing-masing wilayah. Khusus di wilayah Kalla ini memang wilayah yang keunikannya kekeluargaan itu cukup kental di sini karena hubungan antara wiraniaga dan customer itu yang selalu kita tonjolkan," ungkap West Region General Manager Kalla Toyota, Fery Irawan saat ditemui di Avanza-Veloz Sebangsa di Makassar, Sulawesi Selatan.

Rasa kekeluargaan itu dilengkapi dengan tetap menjaga nilai budaya tradisi setempat. Hal itulah yang diyakini membuat penduduk Sulawesi merasa dekat dengan Hadji Kalla Toyota di sana.



"Jadi tidak hanya sebatas hubungan antara konsumen dan pelanggan. Dengan adanya hubungan tradisional kental, kesukuannya juga sehingga itu yang menjaga loyalitas konsumen kami. Dengan mengedepankan tradisi jadi pendekatan lewat pelanggan masuk dengan tradisi dan kebudayaan setempat," papar Fery.

Hingga saat ini layanan Hadji Kalla Toyota tersebar di 24 jaringan. Dengan jangkauan tersebut, untuk penjualan pun dikatakan tak mengalami kendala.

"Total 24 cabang di Sulawesi. Sekarang relatif cepat, customer kita pesan, bulan ini bisa delivery," tandasnya.

Simak Video "K-Pop hingga PUBG Ramaikan Festival Sebangsa di Manado"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com