Senin, 21 Okt 2019 12:14 WIB

Rahasia Vietnam Punya Mobnas Hanya 2 Tahun

Ridwan Arifin - detikOto
Mobil Nasional Pertama Vietnam. Foto: Kham/Reuters Mobil Nasional Pertama Vietnam. Foto: Kham/Reuters
Jakarta - Vietnam hanya perlu 2 tahun untuk membuat mobil nasional. Kabar tersebut membuat kejutan sendiri, sebab diketahui negeri tersebut masih awam dalam memproduksi mobil hasil karya sendiri. Vietnam langsung menggandeng para ahli otomotif Eropa untuk ikut bergabung menggarap mobil nasional.

Dubes RI untuk Vietnam Ibnu Hadi menceritakan di balik pembuatan mobnas tersebut ada sosok penyuplai dana di belakangnya. Apalagi grup perusahaan tersebut cukup dekat dengan lingkungan pemerintahan.



Ya, mobil ini dikembangkan oleh perusahaan konglomerasi real estate terbesar Vietnam, Vingroup Joint Stock Company (Vingroup JSC VIC.HM). Hasilnya, mobil nasional Vietnam bernama Vinfast sudah muncul dalam bentuk mobil sedan, SUV, dan city car.

Rahasia Vietnam Punya Mobnas Hanya 2 Tahun?Foto: Thierry Chesnot/Getty Images.


"(Melihat) Vietnam itu seperti zaman orde baru, pemilik Vinfast itu dekat dengan pemerintah, walaupun dia bisnis tapi nempel terus dengan pemerintah," ujar Ibnu beberapa waktu yang lalu di Jakarta.



Lebih lanjut ia mengatakan proyek mobil tersebut memang bukan tergolong mobil murah. Kata Ibnu, Vietnam sendiri ingin membangun mobil nasional pertamanya untuk menunjukkan kebanggaan.

Rahasia Vietnam Punya Mobnas Hanya 2 Tahun?Foto: Istimewa/Carscoops


"Jadi memang itu prestige nasional. Harganya memang tidak murah, dia menawarkan mobil berkualitas, teknologi baru, supaya tidak kalah dengan produk impor," tutur Ibnu.

Simak Video "Melihat Kemewahan Mobnas Vietnam, Mirip BMW?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com