Senin, 21 Okt 2019 07:47 WIB

Berita Populer

Jokowi-Ma'ruf Sudah Dilantik, Mobil Barunya Siap Akhir Tahun

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Agung Pambudhy Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Joko Widodo dan Ma'ruf Amin telah resmi dilantik menjadi Presiden dan Wakil Presiden periode 2019-2024. Sebagai pemimpin negara, keduanya tentu bakal mendapat sejumlah fasilitas untuk menunjang pekerjaannya termasuk kendaraan.

Seperti diberitakan sebelumnya, presiden dan wakil presiden akan menunggangi mobil baru berupa Mercedes-Benz S 600 Guard seri teranyar. Dua mobil yang dipesan Kementerian Sekretariat Negara ini akan menggantikan model serupa yang sudah berusia 10 tahun dan disebut sering mengalami kerusakan.


Namun, meski sudah dilantik baik Jokowi dan Ma'ruf rupanya masih menggunakan mobil dinas lama bekas warisan mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono tersebut. Butuh waktu bagi Mercedes-Benz untuk memboyong mobil dengan tingkat keamanan nomor wahid itu dari Jerman ke Tanah Air.

"Mobilnya kemungkinan baru selesai produksi akhir tahun," sebut Kepala Biro Umum Kementerian Sekretariat Negara Piping Supriatna belum lama ini.

Piping sendiri belum bisa memastikan kapan mobil baru itu akan digunakan oleh Jokowi dan juga Ma'ruf sebagai kendaraan dinasnya.

Untuk sekelas presiden dan wakil presiden, mobil memang tak dibuat sembarangan. Tentunya beragam fitur keamanan tersemat di dalamnya. Mercedes-Benz memang sengaja membuat S 600 Guard sebagai kendaraan khusus yang dirancang dengan tingkat keselamatan dan keamanan tinggi.

Beragam kepala negara di dunia telah menggunakan mobil ini sebagai kendaraan dinasnya. Tetapi soal fitur keamanan ini, disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing kepala negara itu sendiri.


Sebagai mobil petinggi negara, Mercedes-Benz S 600 Guard dibuat antipeluru. Mobil ini juga memiliki lantai antipeluru untuk melindungi penghuninya dari ledakan bom.

Di seluruh bagian mobil dilapisi bahan antipeluru. Selain itu adanya run-flat tyre memungkinkan mobil masih bisa melaju meski ban dalam kondisi kempis. Untuk mencegah ledakan, tangki bahan bakar juga dibuat antipeluru dan memiliki sistem pemadaman api.

Simak Video "Hitung-hitungan Menteri Ala Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com