Minggu, 20 Okt 2019 18:33 WIB

Di Timur Indonesia, Avanza jadi Mobil Offroad

Rizki Pratama - detikOto
Toyota Avanza Sebangsa Makassar. Foto: Rizki Pratama Toyota Avanza Sebangsa Makassar. Foto: Rizki Pratama
Makassar - Modifikasi membuat segala yang tidak mungkin menjadi mungkin. Bahkan tak hanya gaya, modifikasi juga dapat meningkatkan nilai guna mobil hasil produksi pabrik.

Di wilayah timur Indonesia, tepatnya di daerah pedalaman seperti Papua mobil offroad adalah kendaraan paling optimal. Namun karena mobil jenis tersebut cenderung mahal, kreativitas pun membuat Toyota Avanza main lumpur di sana.

"Kalau di daerah saya Avanza di Papua ganti di lumpur, tapi ganti bannya," ungkap Adi yang sempat tinggal beberapa tahun di Papua saat ditemui di Toyota Avanza-Veloz Sebangsa Makassar, Sulawesi Selatan.



Ia menambahkan untuk itu kaki-kaki Avanza dibuat lebih tinggi dan ban diubah menjadi ban offroad. Modifikasi ini adalah solusi warga setempat yang keberatan mengeluarkan uang lebih untuk mobil segala medan seperti Fortuner atau Hilux.

"Di Sorong itu trayek pedalaman. Kalau Hilux, Fortuner kan mahal jadi Avanza dinaikin shock-nya trus bannya diganti ban cakar ke pedalaman itu. Saya dulu di Papua lama dinas di sana," kenang Adi.



Adi merupakan salah seorang pengguna Avanza yang sangat mengagumi performa mobil sejuta umat itu. Jika dibandingkan, menurutnya di kelas Low MPV Avanza adalah mobil yang paling dapat diandalkan.

"Kalau dibilang kelas orang bawah tapi untuk keluarga lebih oke lah, mobil sekarang menang model saja kebutuhan itu lebih oke Avanza, harga juga, mesin jos, Avanza di medan lumpur, medan aspal semua oke mobil sekarang mana bisa ke lumpur. Ini segala medan trus muatannya banyak," tutur Adi.

Kreatif juga ya orang timur Indonesia. Secara harfiah MPV sendiri berarti kendaraan multifungsi, jadi tak salah juga mobil ini dapat digunakan untuk segala kebutuhan.

Simak Video "Kahitna Bikin Baper Penonton di Festival Toyota Sebangsa Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com