Minggu, 20 Okt 2019 15:38 WIB

Kendaraan Taktis yang Siaga Amankan Pelantikan Presiden

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Ridwan Arifin
Jakarta - Jelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden di Gedung MPR/DPR RI sejumlah kendaraan taktis dan mobil patroli disiagakan di salah satu titik yakni depan Gedung Perbakin, Jl. Lapangan Tembak, Senayan, Jakarta.

Pantauan detikcom di lokasi, terdapat 4 unit kendaraan taktis seperti dua unit water canon, dua unit baraccuda, serta beberapa mobil pengangkut satuan Brimob lainnya dengan merek dari Toyota Hilux dan Ford.



Beberapa kendaraan taktis tersebut memiliki keunggulan tersendiri, seperti baraccuda yang mejeng tersebut misalnya baraccuda yang dimiliki Brimob adalah merek dari Doosan Infracore.

Kendaraan Taktis yang Siaga Amankan Pelantikan PresidenFoto: Ridwan Arifin


Mencuplik dari laman army-guide.com disebutkan kendaraan ini mampu menampung hingga 12 penumpang termasuk driver. Sebagai kendaraan lapis baja pengangkut personel (Armoured Personnel Carrier/APC) mobil ini dibekali pelat baja setebal 8 mm yang dapat menahan terjangan proyektil kaliber 7,62 mm. Barracuda ini juga melindungi penumpang dari pecahan granat.

Mobil ini memiliki bobot seberat 11,7 ton dan dibekali mesin diesel turbo DaimlerChrysler OM 924LA. Mesin dikawinkan dengan transmisi DaimlerChrysler Electrical Pneumatic Shifting (EPS). Transmisi tersebut memiliki konfigurasi delapan gigi maju dan enam mundur.

Kendaraan Taktis yang Siaga Amankan Pelantikan PresidenFoto: Ridwan Arifin


Meski bobotnya cukup berat, Barracuda masih sanggup melaju hingga kecepatan 100 km/jam di jalan.



Sementara water canon yang digunakan Kepolisian Indonesia merupakan buatan Korea Selatan, dengan kode DWC6500 produksi perusahaan Daejicar.

Kendaraan lapis baja ini memiliki penggerak 4x2, dengan transmisi 6 percepatan dan 1 gigi mundur. Truk ini punya bobot sekitar 16 ribu kg dan bisa membawa muatan sebanyak 6.500 kg. Dan untuk kapasitas penumpang, bisa dimuati 5 awak.

Kendaraan Taktis yang Siaga Amankan Pelantikan PresidenFoto: Ridwan Arifin


Soal dapur pacu, DWC6500 dibekali mesin diesel 11.051 cc, yang bisa menghasilkan tenaga puncak 320 dk pada 2.100 rpm. Kapasitas tangki bensinnya sendiri bisa melahap 200 liter solar.

Truk ini juga sudah dibekali ban jenis run flat tire, sehingga truk tetap bisa melaju kendati ban kempis atau bocor sekalipun.

Untuk kapasitas tangki airnya sendiri bisa menampung 6.500 liter air. Dan untuk menyemprotkan semburan air ke objek, bisa dilakukan melalui tongkat joystick maupun monitor.

Simak Video "Jalan Panjang Menuju Pelantikan Jokowi-Ma'ruf"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com