Selasa, 15 Okt 2019 17:14 WIB

Lebih Dekat dengan Porsche 911 Generasi Kedelapan

Luthfi Anshori - detikOto
Porsche 911. Foto: Agung Pambudhy Porsche 911. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Setelah meluncurkan Porsche 911 generasi kedelapan melalui private launching beberapa waktu lalu, hari ini, Selasa (15/10/2019), PT Eurokars Artha Utama mengajak media untuk lebih dekat dengan mobil sport asal Jerman itu.

Porsche 911 Carrera S generasi kedelapan ini disebut juga sebagai tipe 992. Unit yang dipamerkan di Eurokars Gallery Plaza Indonesia adalah tipe 992 dengan warna kuning menyala (racing yellow).


"Secara umum tipe 992 tetap mempertahankan ciri khas lampu bulat. Namun dengan teknologi baru full LED. Dan lampu ini memiliki fitur auto leveling, yang akan menyesuaikan tingkat cahaya dengan kecepatan mobil," bilang Porsche Trainer Indonesia, Ricko Boen, di Jakarta.

Generasi kedelapan 911 menampilkan kesan eksterior lebih luas, lebih tegas, dan lebih maju. Salah satu detail yang juga cukup menarik adalah bagian lampu belakangnya yang futuristik dengan garis LED melintang.

"Ini juga yang menjadi salah satu ciri khas tipe 992. Ada lampu single LED di belakang. Lampu ini satu garis full, single tail light. Dan ini insinyurnya juga benar-benar bangga dengan kualitas LED mobil ini. Dari ujung ke ujung, intensitas cahayanya itu sama," jelas Ricko.


Di bagian belakang mobil ini juga ada identitas yang menunjukkan bahwa ini adalah model 992. "Jadi di bagian bawah kaca belakang, terdapat garis-garis. Di tengah ada garis besar berjumlah dua buah, dan di sisi-sisinya ada garis masing-masing berjumlah 9, jadi 992," terangnya.

Masih bicara bagian desain eksterior, Porsche 911 tipe 992 sudah dibekali kaca sunroof. Kaki-kakinya sudah dilengkapi roda ukuran 20 inci di depan dan 21 inci di belakang, dengan desain Carrera Classic.

Urusan mesin, Porche 911 tipe 992 dibekali spek mesin berkapasitas 2.981 cc, dengan output daya maksimal mencapai 450 dk pada 2.300-5.000 rpm dan torsinya 530 Nm pada 6.500 rpm. Mesin ini sanggup mencapai akselerasi 0-100 km/jam hanya dalam 3,7 detik dan bisa mencapai top speed 308 km/jam.

Geser ke bagian dalam, Porsche tipe 992 menampilkan area interior yang sporty. Materialnya serba warna hitam. Selain itu, ada panel layar berukuran 10,9 inci yang dapat dioperasikan dengan cepat. Di bawahnya, ada panel kontrol berlaras lima tombol.

Untuk joknya, menggunakan model bucket seat. Porsche mengklaim, jok baru ini mengurangi berat kendaraan sekitar tiga kilogram. Kenyamanan tempat duduk juga diklaim sudah ditingkatkan secara keseluruhan.


Dari sisi fitur, Porsche tipe 992 sudah dibekali mode berkendara Wet mode. Dengan wet mode, mobil bisa mendeteksi air di jalan ketika mobil melintasi genangan atau hujan.

Selain itu, Porsche tipe 992 juga sudah terpasang fitur peringatan dan rem otomatis untuk mendeteksi risiko tabrakan dengan objek yang berada di depan hingga pengereman darurat sekalipun.

Night Vision Assist dengan thermal imaging camera opsional tersedia untuk pertama kalinya. Pilihan Adaptive Cruise Control termasuk pengontrol jarak otomatis, fungsi stop-and-go, reversible occupant protection yang dapat dibalik dan fungsi Emergency Assist otonom yang inovatif.

Simak Video "Taycan, Mobil Listrik Pertama Porsche"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com