Selasa, 15 Okt 2019 15:10 WIB

Selain Bikin Ahok Kapok, Zhongtong Pernah Terbakar karena Overheat

Dina Rayanti - detikOto
Bus Zhongtong. Foto: Hasan Al Habshy Bus Zhongtong. Foto: Hasan Al Habshy
Jakarta - TransJakarta kembali menggunakan bus merek China Zhongtong sebagai armadanya. Sebenarnya, bus-bus tersebut bukan didatangkan pada tahun ini, melainkan telah tiba di Jakarta pada 2016. PT TransJakarta mengatakan pengadaan bus itu didasari kontrak 2013 dan kini dioperasikan atas putusan Badan Arbitrase Nasional Indonesia (BANI).

Sebagai armada TransJakarta, rekam jejak Zhongtong sempat tercoreng. Dalam catatan detikcom, bus setidaknya sempat terbakar pada tahun 2015 di Jl.Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Beruntung tak ada korban akibat kejadian tersebut. Bus Zhongtong diduga mengalami overheat pada mesin saat sedang beroperasi.


Padahal, bus tersebut baru tiga hari beroperasi di jalanan Ibu Kota. Sebelum beroperasi, bus sempat diservis selama sebulan.

Bus ZhongtongBus Zhongtong Foto: Hasan Al Habshy


Pihak TransJakarta mengatakan bagian turbo mesin kepanasan alias overheat. TransJakarta menampik bahwa terbakarnya bus disebabkan korsleting listrik. Dalam laman resminya Bus Zhongtong menggendong mesin berkapasitas 11.051 cc dengan turbo intercooling dan pendingin air. Tenaga maksimalnya tembus 455 daya kuda dengan torsi maksimal 1.373 Nm.


Selain pernah terbakar, bus Zhongtong juga membuat mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok kapok. Pada tahun 2015, bus Zhongtong ini heboh karena bus ini jadi objek korupsi.

Mantan Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Udar Pristono dihukum 13 tahun penjara dalam kasus pengadaan bus TransJakarta pada tahun 2012 dan 2013.

Simak Video "Cerita Kembalinya Zhongtong Dioperasikan Transjakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com