Senin, 14 Okt 2019 19:14 WIB

Berlari Sambil Hirup Knalpot Mobil Ini, Atlet Tetap Sehat

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Hyundai Foto: Hyundai
Jakarta - Knalpot mobil tak melulu mengeluarkan senyawa berbahaya. Ada juga lho mobil yang tak mengeluarkan asap, malah menghasilkan air dan oksigen. Kendaraan yang dimaksud adalah mobil bertenaga hidrogen.

Saat ini tengah banyak dikembangkan teknologi mobil listrik sel bahan bakar yang memanfaatkan hidrogen sebagai sumber tenaganya. Mobil hidrogen bahkan sudah ada yang digunakan di jalan raya.



Hyundai mencoba membuktikan mobil hidrogen Nexo tidak mencemari lingkungan. Caranya, ada seorang atlet yang berlari menggunakan treadmill di lokasi tertutup dengan sumber udara dari knalpot mobil. Otomatis atlet itu hanya menghirup gas buang dari mobil hidrogen.

Atlet yang berpartisipasi dalam tes ini adalah Mireia Belmonte, seorang perenang yang memenangkan medali emas Olimpiade di Spanyol. Dia dan treadmill dimasukkan ke dalam sangkar kaca transparan. Di luar ada mobil hidrogen Hyundai Nexo dengan pipa lurus yang menyambungkan sangkar kaca dan knalpot mobil.



Untuk memastikan keamanan selama pembuktian ini, Balmonte dilengkapi dengan perangkat pemantauan kesehatan. Atlet itu tampak tak memiliki masalah kesehatan meski udara yang dihirup berasal dari knalpot mobil yang tentunya lebih bersih ketimbang mobil berbahan bakar fosil.

Hyundai Nexo sebagai kendaraan listrik dengan teknologi sel bahan bakar hidrogen hanya memancarkan air bersih dan oksigen. Mobil ini tidak mengeluarkan gas beracun yang mencemari.

Tidak seperti kendaraan listrik yang menggunakan baterai isi ulang, teknologi baterai hidrogen pada Nexo didasarkan pada energi listrik yang dihasilkan dari reaksi kimia antara gas hidrogen terkompresi dan oksigen. Arus listrik kemudian ditransfer ke motor listrik dan diisi ke dalam paket baterai, sementara oksigen air habis.

Simak Video "Pabriknya di Korsel Dikunjungi Jokowi, Hyundai Siap Investasi Miliaran Dolar"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com