Sabtu, 12 Okt 2019 14:38 WIB

3 Bulan Ini Bakal Hujan Diskon Mobil Baru

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Foto: Andhika Akbarayansyah Foto: Andhika Akbarayansyah
Jakarta - Untuk menggenjot penjualan produsen mobil diyakini akan mengguyur diskon mobil baru pada 3 bulan terakhir tahun 2019 ini. Pasar mobil saat ini masih lesu dan turun cukup dalam dibanding tahun lalu.

Mengutip data Gaikindo, penjualan sepanjang Januari-Agustus mengalami penurunan sekitar 13 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. "Secara umum untuk mengejar penjualan, mereka (produsen mobil) akan memberikan diskon. Dengan memberikan diskon mereka akan mendapatkan volume. Bulan Oktober, November, Desember, biasanya begitu. Tapi untuk Daihatsu diskonnya tidak besar," ujar Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra di Bandung, Jawa Barat.



Pasar mobil nasional tahun ini diperkirakan masih akan berkisar antara 1 juta unit. "Volume pasti turun, tapi sama lah dengan tahun lalu," ujarnya.

Daya beli masyarakat yang masih rendah menjadi penyebab turunnya penjualan mobil, belum lagi ada faktor pelemahan ekonomi baik global maupun ekonomi Indonesia juga.



"Daya beli rendah diperlihatkan dari GDP (pertumbuhan ekonomi) yang turun juga 5,02 persen ditambah lagi (ekonomi) global juga jelek, perang dagang Amerika Serikat dan China membuat ekonomi global turun, prediksi Bank Dunia juga turun," ujarnya.

Sementara Honda di bulan Oktober ini sudah menyiapkan aneka promo. Pembeli mobil Honda bisa mendapatkan hadiah langsung untuk setiap pembelian mobil New Honda Mobilio dan New Honda BR-V meliputi, gratis biaya jasa servis berkala hingga 50.000 km atau 4 tahun dan uang bensin senilai Rp 6 juta. Tambahan cashback sebesar Rp 5 juta pun dapat didapatkan oleh konsumen Honda melalui program "Honda Loyalist", "Apresiasi Dunia Pendidikan" atau "Honda Upgrader.

Sementara untuk pembelian All New Honda Brio, dan New Honda HR-V akan mendapatkan gratis biaya jasa servis berkala hingga 50.000 km atau 4 tahun melalui program "Honda Loyalist" dan "Apresiasi Dunia Pendidikan".

Selama program "End Year Surprise" berlangsung, Honda akan mengadakan Honda HR-V Special Week bagi calon konsumen dan berkesempatan untuk mendapatkan uang bensin senilai Rp 2.000.000,- pada setiap pembelian New Honda HR-V di acara tersebut.

"Meskipun pasar otomotif secara umum masih mengalami tekanan, Honda memasuki semester kedua di tahun ini dengan tren yang positif karena didukung oleh produk-produk yang diminati oleh konsumen, juga berbagai program penjualan yang memberikan nilai lebih bagi konsumen," ujar Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor Yusak Billy.

Simak Video "Melihat Tampang Anyar Daihatsu Sigra"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com