Jumat, 11 Okt 2019 20:25 WIB

Daihatsu Salut UI Bisa Ubah Ayla Jadi Mobil Listrik

Dadan Kuswaraharja - detikOto
Daihatsu Ayla yang diubah menjadi mobil listrik oleh UI Foto: Rizki Pratama Daihatsu Ayla yang diubah menjadi mobil listrik oleh UI Foto: Rizki Pratama
Bandung - Mobil Ayla di tangan Fakultas Teknik Universitas Indonesia (UI) diubah menjadi mobil listrik. Daihatsu yang punya mobil mengaku takjub dengan kemampuan UI.

"Luar biasa hebat ya," ujar Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra menjawab pertanyaan detikcom saat ditemui di sela-sela test drive Daihatsu Ayla di Bandung, Jawa Barat.

Ayla yang sudah tak lagi membakar bensin itu kini disokong baterai 72V 150 AH yang dapat menghasilkan output tenaga 10,8 kWh. Kemampuan jelajahnya sejauh 60 km dengan pengisian daya selama 4 jam. Mobil listrik Ayla ini diklaim mampu mencapai kecepatan maksimum 80 km per jam.



Meski begitu komponen listriknya masih banyak yang diimpor, misalnya baterai. "Berapa uang yang dikeluarkan mereka (UI) tidak memberi tahu ya, yang penting memang baterainya, dia masih impor," ujarnya.

Daihatsu sendiri menilai perkembangan mobil ramah lingkungan tidak bisa langsung loncat ke mobil listrik murni. Menurut Amelia, harus dilakukan bertahap, mulai dari mobil hybrid yang masih menyisakan mesin bensin, plug in hybrid electric vehicle (PHEV), baru ke BEV (Battery Electric Vehicle) atau kendaraan listrik murni.

"Mesti stepping (bertahap), kalau nggak stepping fasilitasnya belum mendukung, harus pelan menyiapkan konsumen pengguna hybrid baru baterai EV," ujarnya.





Simak Video "Ahmad Sahroni dan Bamsoet Pimpin Klub Mobil Listrik Pertama di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(ddn/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com