Jumat, 11 Okt 2019 09:44 WIB

Perpres Sudah Diteken Jokowi, Harga Mobil Listrik BMW Bisa Turun?

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Aturan kendaraan listrik sudah resmi ditandatangani Presiden Joko Widodo yang tertuang dalam Perpres No. 55 tahun 2019. BMW Group Indonesia mengatakan payung hukum tersebut tidak akan mengkoreksi harga mobil murni listrik yang sudah diluncurkan.

"Insentif pasti tidak ada perubahan (harga) kalau untuk kita (produk mobil listrik BMW)," tutur Director of Communications BMW Group Indonesia, Jodie O'Tania di Jakarta, Kamis (10/10/2019).


Memang dalam Perpres No.55 Tahun 2019 pasal 17 juga disebutkan siapa saja yang dapat menerima insentif. Salah satunya adalah perusahaan industri yang menggunakan Total Kandungan Dalam Negeri.

Jodie menjelaskan mobil listrik BMW memiliki teknologi tinggi yang tidak bisa dibuat sembarangan, saat ini hanya bisa dirakit di Leipzig, Jerman.

"Insentif itu adalah ada beberapa peraturan yang harus dipenuhi misalnya setelah 2 tahun kendaraan itu dipasarkan harus dirakit secara lokal di Indonesia, untuk BMW i3 tidak akan bisa. Harga tetap sama pada saat peluncuran," ujarnya.

Kendati demikian, selain insentif fiskal, pemerintah sendiri mendorong agar masyarakat bisa beralih ke penggunaan listrik dengan memberi insentif non fiskal.

"Insentif bukan hanya dari pajak saja, insentif dari mulai kendaraan ganjil genap, parkir, kemudian charger bisa bebas biaya," tutur Jodie.


Saat ini BMW memasarkan mobil listrik di antaranya BMW i3s (BEV) yang dibanderol Rp. 1,299 Miliar, BMW i8 Coupé Rp 3,619 Miliar, dan BMW i8 Roadster Rp. 3,989 miliar (PHEV).

Perpres mobil listrik sendiri saat ini baru mengatur percepatan kendaraan listrik berbasis baterai atau murni baterai (Battery Electric Vehicle). Pun demikian untuk jenis mobil listrik seperti Hybrid dan Plug in Hybrid masih menanti turunan dari Kementrian. Saat disinggung hal tersebut, Jodie belum bisa berkomentar lebih jauh.

"BMW saat ini kita harus lihat dulu penurunan dari teknisnya," kata Jodie.

Simak Video "Menhub Bicara Kendaraan Listrik dan Polusi Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com