Selasa, 08 Okt 2019 18:51 WIB

Beli Mobil Lewat Online Akan Jadi Tren Baru?

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Shutterstock Foto: Shutterstock
Jakarta - Seiring perkembangan dunia digital, proses jual beli barang sangat mengandalkan platform online. Sekarang orang bisa membeli berbagai kebutuhan pokok hingga kebutuhan barang mewah hanya melalui aplikasi.

Untuk kebutuhan pribadi maupun rumah tangga, rasanya masih wajar jika membeli melalui marketplace. Sebab harganya relatif tidak mahal. Tapi bagaimana jika untuk tujuan membeli barang mahal seperti mobil? Terlebih sekarang sudah banyak benda elektronik dengan harga mahal yang dijual di marketplace.



"Kalau untuk kebutuhan barang elektronik, masih bisa karena uang yang dikeluarkan lebih murah. Tapi kalau beli mobil anggapannya masih kayak investasi. Dicari dulu semua informasinya, kalau sudah oke dari online baru lakukan transaksi. Tapi itu pun dilakukan secara langsung di diler," kata Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM) Amelia Tjandra, belum lama ini.

Lanjut Amel, platform penjualan mobil secara online yang ada saat ini lebih ditujukan untuk kebutuhan mencari informasi dasar. Setelah itu, konsumen akan lebih memilih untuk bertemu langsung dengan penjual.



"Kalaupun konsumen masuk lewat online biasanya minta untuk didatangin, menjadi basis informasi kami untuk follow-up customer. Jadi kami samperin, kasih info mobil, baru deal," lanjut Amel.

Lalu apakah suatu saat nanti akan terjadi tren beli mobil lewat online dengan mekanisme langsung transfer uang dan mobil langsung dikirim?



"Suatu saat mungkin, tetapi waktunya kapan kita belum tahu. Karena tergantung dari daya beli tadi. Kalau uang orang Indonesia dan daya belinya tinggi, dan beli mobil sudah nggak terasa berat, bisa beli via online. Kalau sekarang daya belinya, dan uang untuk beli mobil seperti investasi, jadi belum (ngetren beli mobil online-Red)," pungkas Amel.

Simak Video "Melihat Tampang Anyar Daihatsu Sigra"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com