Selasa, 01 Okt 2019 16:34 WIB

Ketangguhan Rantis yang Berjaga saat Pelantikan DPR

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Kendaraan taktis bersiaga di Gedung DPR (Azizah/detikcom) Foto: Kendaraan taktis bersiaga di Gedung DPR (Azizah/detikcom)
Jakarta - Pelantikan anggota DPR Periode 2019-2024 digelar hari ini, Selasa (01/10/2019). Untuk menjamin keamanan, kendaraan taktis nampak disiagakan di sekitar gedung DPR.

Dalam amatan detikcom, berjejer kendaraan taktis Anoa buatan Pindad yang disiagakan.


Seperti yang diketahui, Anoa merupakan kendaraan militer berpenggerak 6x6 buatan yang tersedia dalam tujuh varian, yakni Anoa 6x6 Mortar, Anoa 6x6 Command, Anoa 6x6 Amphibious, Anoa 6x6 Recovery, Anoa 6x6 APC, Anoa 6x6 Logistics, dan Anoa 6x6 Ambulance.

Pabrik Pindad yang terletak di Bandung memiliki kapasitas produksi yang cukup tinggi sebagai sebuah kendaraan tempur lengkap dengan senjatanya. Dalam satu tahun pabriknya mampu melahirkan 100 kendaraan tempur baru yang siap beroperasi.


Yang berjejer dalam DPR salah satu jenisnya adalah Anoa 6x6 Command. Mobil tempur ini didesain untuk menjadi kendaraan bagi komandan dalam memimpin serta mengarahkan pasukan dalam pertempuran. Untuk berkomunikasi antar anggota menggunakan sistem Vehicle Radio VHF & HF, Intercom Set, GPS dan Driver Thermal Vision.

Anoa CommanderAnoa Commander Foto: Pindad


Kendaraan tempur buatan Pindad ini memiliki kapasitas 7 orang personel, termasuk pengemudi. Kendati memiliki bobot yang berat, yakni 13 ton (bobot kosong), Anoa tipe Command mampu mencapai kecepatan 80 km/h pada jalan raya dengan daya jelajah 600 kilometer dengan daya maksimal 320 Horsepower.


Setiap varian Anoa dibekali mesin diesel 6 silinder segaris bertenaga 320 hp berstandar Euro 3 dengan kapasitas tangki sebesar 200 liter.

Ketangguhan Rantis yang Berjaga saat Pelantikan DPR


Simak Video "Pindad Bikin Tank Baja Khusus Kebakaran Lahan"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com