Selasa, 01 Okt 2019 14:49 WIB

Beli Suzuki Jimny di Daerah Ini, Indennya Sampai 4 Tahun

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Konsumen Suzuki mesti bersabar untuk bisa mendapat unit Jimny. Sebab PT Suzuki Indomobil Sales dibatasi kuota pengiriman hanya 50 unit per bulannya. Sementara Suzuki Jimny sudah dipesan sebanyak 2.000 unit, sejak GIIAS 2019 Juli lalu.

Dikatakan Direktur Pemasaran 4W PT Suzuki Indomobil Sales Dony Ismi Saputra, dengan jumlah pesanan sebanyak itu, maka butuh waktu sekitar 3 tahun 8 bulan sampai pesanan Jimny terdistribusi ke seluruh pelanggan.



"Ya, bisa 3 sampai 4 tahun indennya. Terutama untuk pemesan Jimny di Jabodetabek, Surabaya, dan kota-kota gede. Makin gede kotanya makin lama indennya," kata Dony, di Tangerang.

Suzuki JimnySuzuki Jimny Foto: Ari Saputra


Lebih detail lagi, untuk kawasan-kawasan elit seperti BSD, Pondok Indah, dan Kelapa Gading, menurut Dony inden Jimny juga akan lama, sebab mayoritas target konsumen Suzuki memang berada di situ.

"Beda lagi kalau diler-diler yang di daerah-daerah, seperti Cilegon, Serang," ujarnya.

Perbedaan masa inden Jimny di tiap wilayah, diakui Dony berpotensi menimbulkan terjadinya double inden. Misal jika ada konsumen pesan di daerah Jakarta, lalu merasa lama indennya, maka dia berpotensi pindah inden ke daerah Kalimantan, Sumatera, atau Sulawesi misalnya.

Suzuki JimnySuzuki Jimny Foto: Ari Saputra


"Maka itu sekarang kami sedang verifikasi, jangan sampai ada konsumen double inden. Makanya sampai bulan Mei 2020 mau kita cek dan verifikasi lagi," ujarnya.

Sekadar informasi, inden Jimny ternyata tidak hanya terjadi di Indonesia saja, bahkan di negara asalnya, Jepang, inden Jimny juga terjadi.



"Sebenarnya kejadian ini tidak hanya terjadi di Indonesia, seluruh dunia juga sama bahkan di Jepang juga sama, sekitar 26 bulan," pungkasnya.

Simak Video "Kenalkan Maruti S-Presso, Mobil Mungil Suzuki Seharga Rp 70 Jutaan"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com