Senin, 30 Sep 2019 07:18 WIB

Terjual 10 Juta Unit, Ini Kisah Sukses Toyota Land Cruiser

Luthfi Anshori - detikOto
Toyota Land Cruiser Foto: Pool (autoevolution) Toyota Land Cruiser Foto: Pool (autoevolution)
Jakarta - Toyota Motor Corporation (TMC) mengumumkan capaian penjualan 10 juta unit Land Cruiser series, setelah model ini diperkenalkan 68 tahun lalu. Data Toyota Global mencatat Land Cruiser sukses mencapai angka penjualan 'dua digit' itu pada tanggal 31 Agustus 2019.

Lalu, seperti apa kisah sukses mobil Jip asal negeri matahari terbit itu?

Dikutip dari laman Toyota Global, model Land Cruiser diluncurkan sejak 1 Agustus 1951 lalu. Saat itu mobil ini mengusung nama Jeep BJ, menggunakan mesin B-type 3 silinder 3.386 cc OHV, dengan power maksimum 75 dk di 3.200 rpm.



Sedikit cerita, awalnya Toyota Jeep BJ dibuat memakai racikan sasis truk kecil SB-type rilisan tahun 1947. Tapi dengan sedikit modifikasi sasis dan di bagian suspensi, mobil ini cocok untuk kendaraan penumpang.

Selepas seri Jeep BJ, Toyota mengubah namanya jadi 'Land Cruiser'. Dan pada 1955, Land Cruiser tipe 20 series memulai ekspor perdananya. Pada awalnya mobil ini hanya diekspor kurang dari 100 unit per tahunnya. Tetapi sejak 1965, skala ekspornya sudah mencapai 10.000 unit per tahun. Saat ini Land Cruiser dijual di 170 negara, penjualan global rata-rata 400.000 unit per tahun.

Land Cruiser digunakan pria asal Swiss untuk keliling dunia dan sempat mampir di IndonesiaLand Cruiser digunakan pria asal Swiss untuk keliling dunia dan sempat mampir di Indonesia Foto: Auto2000


Salah satu faktor kesuksesan Land Cruiser di pasar karena mobil ini dianggap memenuhi kebutuhan para pelanggan, tanpa mengorbankan keandalan, daya tahan, dan kemampuan beroperasi di jalanan rusak sekalipun.

Saking tangguhnya, Land Cruiser bisa digunakan sampai berpuluh-puluh tahun lamanya. Hingga saat ini bahkan masih ada orang yang menggunakan Land Cruiser 40 series, setelah 50 tahun model ini diproduksi.
Toyota Land Cruiser yang pernah digunakan Soeharto saat masih menjadi MayjenToyota Land Cruiser yang pernah digunakan Soeharto saat masih menjadi Mayjen Foto: Ruly Kurniawan

Contoh lain di Afrika misalnya, Land Cruiser digunakan sebagai mobil ambulance untuk memberikan bantuan kemanusiaan. Di Burundi, Land Cruiser digunakan untuk mengevakuasi anak-anak terinfeksi malaria ke rumah sakit, Land Cruiser juga dipakai di kamp-kamp pengungsi di Uganda untuk mengangkut pasien ke klinik.

Sementara di Australia, Land Cruiser digunakan untuk mobilitas pekerja tambang tembaga sekitar 1.600 meter di bawah permukaan tanah. Model ini juga digunakan untuk menggembalakan ternak di peternakan sapi seluas 8.000 kilometer persegi.



Di Kosta Rika, Amerika Tengah, Land Cruiser digunakan untuk memanen wortel pada ketinggian 3.500 meter, di lereng yang curam.

Dengan capaian gemilang tersebut, Land Cruiser mampu berkontribusi signifikan terhadap peningkatan kepercayaan merek Toyota di dunia, sehingga lebih gampang bagi merek Jepang ini untuk memperluas pangsa pasar ekspornya.

Adapun beberapa model Toyota Land Cruiser yang sudah diperkenalkan sejauh ini adalah Toyota Jeep BJ, Land Cruiser 20 Series, 40 Series, dan 70 Series. Selain jip, Land Cruiser juga hadir dalam versi station wagon, seperti Land Cruiser 55 Series, 60 Series, 80 Series, 100 Series, dan 200 Series.

Sementara untuk versi kendaraan ringannya, ada Land Cruiser 70 Series Wagon, 70 Series Prado, 90 Series Prado, 120 Series Prado, dan 150 Series Prado.

Selain Toyota, Land Cruiser juga menjadi basis bagi beberapa model SUV milik Lexus, seperti LX 450, LX 470, LX 570, GX 470, dan GX 460.



Simak Video "Mobil Listrik Perdana Lexus Seperti Burung Camar"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com