Minggu, 29 Sep 2019 18:33 WIB

Toyota Angkat Kesenian Angklung di Avanza-Veloz Sebangsa Semarang

Akfa Nasrulhak - detikOto
Foto: Akfa Nasrulhak Foto: Akfa Nasrulhak
Jakarta - Semarang menjadi kota keenam yang dipilih untuk menggelar program apresiasi Avanza-Veloz Sebangsa. Acara yang digelar di Transmart Setiabudi kota Semarang ini mampu menciptakan rasa kebersamaan masyarakat Ibu Kota Jawa Tengah yang multikultural dalam menikmati Sebangsa Festival.

Acara ini diselenggarakan di pelataran Transmart Setiabudi Semarang, akhir pekan ini sejak 28-29 September 2019. Venue festival Avanza-Veloz Sebangsa di Semarang ramai oleh pengunjung, baik tua maupun muda.

Salah satunya karena adanya penampilan grup musik angklung dari New Sendana yang membawakan lagu-lagu tradisional dari berbagai daerah. Kegiatan ini dihadirkan sebagai upaya untuk mengangkat kesenian tradisional di samping kemeriahan pengunjung menikmati beragam keseruan di event tersebut. Terlebih, grup musik yang dihadirkan adalah para pengamen jalanan.


"Ya kita main di sini, emang sesuai temanya juga, Semakin Bangga Sama-sama, ini juga permainan tradisional juga kan ya. Asli Indonesia, dari Purbalinga. Kalau di kampung sih namanya Tek Tek atau Kentongan, alat musiknya ya ada angklung, ada gambag, bedug, ada bass juga. Ini ada yang terbuat dari bambu, ada dari tong, sama gabungan juga sih, ada yang modern juga, musik humble," ujar Ketua Angklung New Sendana, Joko Widodo, saat ditemui detikcom, Minggu (29/9/2019).

"Ini tuh perpaduan, ada angklung dar Jawa Barat, ada dari jawa Tengah juga, ada musik modern juga. Tadi sudah bawain lagu Pamer Bojo, Tanah Air Indonesia," tambahnya.

Selain itu untuk mengangkat antusiasme pengunjung, Festival Avanza-Veloz Sebangsa, Toyota juga menghadirkan acara Zumba Party. Para ibu-ibu pun tampak antusias mengikuti aktivitas senam tersebut.

Toyota Angkat Kesenian Angklung di Avanza-Veloz Sebangsa SemarangFoto: Akfa Nasrulhak

Serangkaian acara tersebut tak hanya mampu menghadirkan kemeriahan, namun juga mampu membawa kegembiraan bagi pengunjung festival. Sambil menikmati ragam hiburan, sebagian dari pengunjung ada yang memilih untuk menikmati aneka makanan dan minuman di zona Jajanan Sebangsa. Ada juga yang bermain di zona Dolanan Sebangsa, yang menyajikan aneka permainan seperti lempar gelang, tembak target, lempar kaleng dan lempar kaleng.


Salah satu pengunjung, Sari (40) yang membawa ketiga anaknya mengaku senang dan terhibur karena ada kegiatan tersebut. Apalagi, beragam permainan dan wahana untuk keluarga dihadirkan pun gratis, hanya tinggal mengupload foto di Instagram dapat mengikuti beragam permainan.

"Ke sini saya sama anak-anak 3 orang, kalau suami kerja. Ya sangat terhibur sekali, ada banyak permainan saya sudah coba semua. Terus disuruh foto-foto depan mobil. Ya senang lah buat orang-orang sini Terutama buat anak-anak ya ada hiburan sama permainan gratis," ujar Sari.

Tak hanya di lokasi acara, kemeriahan Festival Avanza-Veloz Sebangsa ini juga terasa di dunia digital. Masyarakat Kota Semarang ramai mengikuti aktivitas Sebangsa Seru di microsite www.avanzavelozsebangsa.com dengan mengupload foto ekspresi kebahagiaan bersama teman dan keluarga saat mengikuti rangkaian acara. Apalagi, bagi pelanggan yang mengikuti seluruh rangkaian acara berkesempatan memenangkan Grand Prize berupa 1 unit Toyota New Veloz.

"Sebagai salah satu kota metropolitan terbesar di Indonesia, Semarang juga dikenal dengan masyarakatnya yang memiliki karakteristik yang multikultural. Kami bersyukur Festival Avanza-Veloz Sebangsa dapat menciptakan rasa kebersamaan masyarakat saat mengikuti dan menyaksikan berbagai kegiatan," kata Marketing Director PT Toyota-Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy.

Kemeriahan akan terus berlanjut pada kota-kota yang dipilih menjadi tuan rumah Sebangsa, setelah Medan (Sumatera Utara), Balikpapan (Kalimantan Timur) Surabaya (Jawa Timur), Palembang (Sumatera Selatan), Pekanbaru (Riau), dan Semarang (Jawa Tengah). Kota selanjutnya adalah Manado (Sulawesi Utara), Makasar (Sulawesi Selatan), Bali, Bandung (Jawa Barat), dan Jakarta. Seluruhnya akan dikemas sepanjang empat bulan, yaitu Agustus hingga November 2019.

Simak Video "K-Pop hingga PUBG Ramaikan Festival Sebangsa di Manado"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/akn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com