Minggu, 29 Sep 2019 15:35 WIB

Di Jateng, Pangsa Pasar Avanza Tetap Bertahan di Peringkat Pertama

Akfa Nasrulhak - detikOto
Foto: Akfa Nasrulhak Foto: Akfa Nasrulhak
Semarang - Julukan mobil sejuta umat masih melekat pada mobil Avanza. Pasalnya mobil keluaran Toyota yang menjadi pelopor segmen Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) ini masih banyak digunakan keluarga Indonesia sampai kini. Tak terkecuali di Kota Semarang.

"Pada dasarnya hingga saat ini kalau untuk Avanza, kita masih tetap unggul. Kita selalu menjadi market leader, sekarang ini market share kita 30 persen untuk Avanza dan kita selalu stabil di angka tersebut. Jadi kita masih tetap bisa mempertahankan market share kita," ujar Area Head Jawa Tengah PT Toyota Astra Motor (TAM), Adrian Permana, saat ditemui di acara Avanza-Veloz Sebangsa, Sabtu (28/9/2019).

Adrian menambahkan, pihaknya juga selalu melakukan perbaikan pada kendaraan Toyota secara umum. Hal itu dilakukan agar dapat terus memenuhi kebutuhan konsumennya, terutama yang ada di Jawa Tengah.


Menurut Adrian, saat ini masyarakat di Jawa Tengah, lebih mempertimbangkan aspek fungsional kendaraan. Seperti Avanza, yang mampu memuat banyak penumpang dan memberikan kenyamanan mampu menggaet hati konsumen di Jawa Tengah.

"Kalau di Jawa Tengah, sejauh ini dilihat costumer kita ingin kendaraan yang masih fungsional. Jadi fungsional itu bisa dipakai untuk apa saja. Misalnya MPV, costumer itu jadi bisa gunakan mobil itu untuk ke acara kondangan, atau untuk kapasitas besar dan pastinya nyaman," ujarnya.

Tapi, lanjut Adrian, beberapa konsumen Toyota juga ada yang lebih melihat eksterior mobilnya. Karena itu, beberapa tipe Avanza dipoles dari eksteriornya untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

"Selain dari fungsional itu kita tekankan, makanya kita selalu memberikan perubahan juga dari sisi eksterior. Itu juga kenapa kita masih mempertahankan penggerak roda belakang itu, karena demand-nya costumer untuk karakter jalanan di Jawa Tengah itu kan perbukitan," ujarnya.


Salah satu peserta Fun Trip di rangkaian acara Avanza-Veloz Sebangsa, Setiawan (36) pun mengakui keunggulan Avanza. Setelah kurang lebih 5 tahun menggunakan Avanza, ia mengaku nyaman karena mobil tersebut mampu memuat barang bawaan yang banyak.

"Avanza itu enak ya, nyaman. Mau buat orang banyak, keluarga ataupun sendiri tetap nyaman. Aku kan anak kecil-kecil kan ada banyak ya, jadi buat bawain barang itu enak, masuk semua. Jadi buat mobil keluarga itu nyaman. Kalau saya dari desain nggak terlalu melihat sih, tapi kalau dari fungsionalnya sangat mewakili lah," ujarnya.

Simak Video "K-Pop hingga PUBG Ramaikan Festival Sebangsa di Manado"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com