Kamis, 26 Sep 2019 19:09 WIB

Wuling Mau Produksi Mobil Listrik di RI Tahun 2020?

Ridwan Arifin - detikOto
Mobil listrik Wuling E200 Foto: Dok. Wuling Motors Indonesia Mobil listrik Wuling E200 Foto: Dok. Wuling Motors Indonesia
Bekasi - PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Indonesia) diketahui akan memproduksi mobil listrik di Tanah Air pada tahun 2020. Hal ini disampaikan Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat bertandang ke pabrik Wuling, Cikarang, Rabu (25/9/2019).

"Dalam roadmap tadi saya lihat ada kendaraan berbasis Plug-in EV, tulisannya saya perhatikan di situ ditulis 2020. Walaupun presiden direktur (Xu Feiyun) belum lapor," kata Airlangga.


Berkaitan dengan kendaraan listrik, saat ini Wuling baru memperkenalkan dua tipe kendaraan Electric Vehicles (EV) yakni E100 dan E200.

Sementara itu Presiden Direktur PT SGMW Motor Indonesia, Xu Feiyun mengatakan masih menunggu kejelasan aturan dari kendaraan listrik baik untuk dalam negeri dan ekspor ke mancanegara.


"Yang paling penting ini masih berhubungan dengan regulasi pemerintah terkait mobil listrik di Indonesia. Setelah kita tadi berbincang dengan menteri, sebenarnya dari menteri sendiri juga mendukung untuk bagian parts mobil listrik. Tapi untuk keseluruhan produknya kami Wuling sudah siap," tuturnya.

Hal senada juga diungkapkan Brand Manager Wuling Indonesia, Dian Asmahani mengatakan bahwa masih banyak hal yang perlu disiapkan selain produk kendaraan.

"Intinya sih kalau kita ngomongin mobil listrik belum bisa bicara jauh. Bukan hanya dari pabrikan yang siap tetapi juga turunan Perpres belum ada. Dan belum ada ekosistem lain yang perlu dipersiapkan, sekarang lagi di studi seperti baterai dan limbahnya," kata Dian.

Simak Video "Nyobain Teknologi Baru Wuling Almaz, Bisa Ngobrol Sama Mobil!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com