Rabu, 25 Sep 2019 21:05 WIB

Dua Tahun di RI, Wuling Serap Komponen Lokal Hingga 55 Persen

Ridwan Arifin - detikOto
Pabrik Wuling di Cikarang Foto: M. Ridho Pabrik Wuling di Cikarang Foto: M. Ridho
Bekasi - Dua tahun pabrik Wuling di Indonesia berdiri diharapkan bisa menggunakan komponen lokal untuk memajukan industri dalam negeri. Tingkat komponen dalam negeri (TKDN) untuk produksi mobil di dalam negeri bervariasi, namun masih banyak komponen yang diimpor.

Presiden Direktur PT SGMW Motor Indonesia, Xu Feiyun menyebut sudah menggunakan komponen buatan lokal sudah di atas 40 persen.



"Untuk mendapatkan ekspor kita sudah menggunakan 40 persen mencapai lokalisasi itu. Dan untuk masing-masing model, Confero itu sudah 55 persen komponen lokal, Cortez itu 47 Persen, sedangkan Almaz 43,5 persen," kata Xu Feiyun di Cikarang, Rabu (25/9/2019).

Kendati demikian, Feiyun sendiri bercita-cita untuk memaksimalkan kandungan dalam negeri pada mobil ini. "Tentu ke depannya kita berharap terus meningkatkan komponen lokalnya," katanya.

Memang dalam pabrik Wuling seluas 60 hektar yang terletak di Cikarang ini didukung oleh empat fasilitas produksi yang terintegrasi dengan supplier part yang berada di dalam satu kawasan.

"Untuk soal komponen lokal, kita selalu berusaha mendapatkan ini. Bapak Ibu mungkin sudah ada belasan supplier part yang produksi langsung di sini, selain itu kita juga menggunakan supplier lain lokal yang ada di Indonesia sekitar 30 perusahaan," jelas Feiyun.

Simak Video "Nyobain Teknologi Baru Wuling Almaz, Bisa Ngobrol Sama Mobil!"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com