Suzuki Tak Punya Rencana Bikin Jimny di Indonesia

Fitraya Ramadhanny - detikOto
Selasa, 24 Sep 2019 10:32 WIB
Suzuki Jimny. Foto: Ari Saputra
Gili Trawangan - Suzuki Jimny disuka banyak orang Indonesia, namun agak mahal karena impor. Meski begitu, Suzuki tidak memiliki rencana membuat Jimny di Indonesia. Namun Suzuki masih melakukan studi soal ini.

"Tidak ada rencana bikin Jimny (di Indonesia-red). Karena yang suka Jimny bukan cuma konsumen Indonesia. India juga suka," kata Ei Mochizuki, General Manager Strategic Planning PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) di sela acara Suzuki Seaventure 2019 di Gili Trawangan, Lombok, Selasa (24/9/2019).

Menurut dia, ini sudah menjadi strategi global Suzuki dari head office mereka di Jepang. Jimny diminati oleh konsumen dari banyak negara.



Semua pasar dianggap setara. Tidak ada satu negara yang lebih diistimewakan sehingga Suzuki mesti membuat Jimny di negara itu.

"Pasar Jimny itu selain Indonesia dan India, ada dari Eropa seperti Inggris sampai Afrika Selatan juga suka Jimny," pungkasnya.

Seperti diketahui, Suzuki Jimny diproduksi di Jepang. Saking terbatasnya, konsumen yang memesan Jimny harus menunggu hingga 2 tahun. Sebab, Indonesia cuma mendapat jatah 50 unit per bulan.

Suzuki Jimny merupakan salah satu mobil ikonik. Saking ikoniknya, banyak yang memburu mobil kotak mungil ini. Jimny sudah dibekali sejumlah fitur keamanan dan teknologi terkini. Misalnya dari sisi eksterior sudah dilengkapi LED projector headlamp dengan leveling dan headlamp washer. Mobil ini juga sudah dilengkapi fog lamp yang bisa membantu pencahayaan pada kondisi jalan berkabut.



Bergeser ke bagian interior, Suzuki Jimny sudah menggunakan head unit 6,8 inci yang dilengkapi fitur USB, Bluetooth, dan smartphone connection. Mobil ini juga sudah memiliki AC Auto Climate with Heater, yang bisa untuk mengatur temperatur secara otomatis untuk kenyamanan selama perjalanan. Fitur lain yang cukup penting di mobil ini adalah cruise control.

Sementara dari sisi safety, Suzuki Jimny sudah dilengkapi dual SRS airbags, Brake LSD Traction Control, Electronic Stability Program (ESP), sistem ABS, Brake Asisst (BA), Isofix, Hill Hold Control (HHC) dan Hill Descent Control (HDC). Dua fitur yang disebut terakhir punya fungsi mengaktifkan rem secara otomatis. HHC akan mengaktifkan rem saat menanjak dan mencegah mobil bergerak mundur selama 2 detik. Sedangkan HDC, akan menjalankan rem otomatis dan menahan kecepatan pada 10 km/jam saat mode 4H atau 5 km/jam saat mode 4L.

Sedikit bicara dapur pacu, Suzuki Jimny dibekali mesin kapasitas 1.462 cc, dengan diameter x langkah 74 mm x 85. Mesin ini sanggup memuntahkan power 102 Ps pada 6.000 rpm dan torsi 130 Nm pada 4.000 rpm. Tenaga mesin tersebut disalurkan ke 4 roda dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan.

Simak Video " Jimny Versi Murah Rilis, Suzuki Jimny Lite"
[Gambas:Video 20detik]
(fay/rgr)