Senin, 23 Sep 2019 21:11 WIB

Pabrik Nissan di Purwakarta Kini Produksi Mobil Datsun

Dina Rayanti - detikOto
Pabrik Datsun. Foto: detikOto Pabrik Datsun. Foto: detikOto
Jakarta - Pabrikan mobil Jepang Nissan kembali diterpa isu tak sedap. Kabar penutupan pabrik Nissan kembali mencuat. Namun, hal itu dibantah PT Nissan Motor Indonesia.

Nissan sendiri beberapa waktu lalu telah menyampaikan kalau tak ada lagi mobilnya yang diproduksi di sini. Padahal sebelumnya, Nissan diketahui memproduksi Grand Livina dan X-Trail.


Beberapa waktu lalu Head of Communication PT Nissan Motor Indonesia, Hana Maharani sempat menyampaikan terkait kondisi di pabrik Nissan. Menurut Hana, pabrik Nissan kini memproduksi mobil-mobil Datsun.

"Kita produksi Datsun saat ini. Saat ini pabrik kita memproduksi Datsun di lokasi yang sama. Terkait line produksi, tergantung dari kebutuhan untuk diubah/dialokasi ulang," jelas Hana saat dikonfirmasi detikcom belum lama ini.

Nissan sendiri pada Februari 2019 telah meluncurkan model baru yakni Livina. Namun Livina yang berwajah mirip Xpander itu juga diproduksi di pabrik Mitsubishi. Hal itu dimungkinkan sejak Mitsubishi bergabung dengan aliansi Renault-Nissan pada 2017.

Sebelumnya isu soal Nissan berhenti memproduksi mobil di Indonesia sudah tersiar sejak Maret 2018. Namun buru-buru dibantah oleh pihak Nissan saat itu.


"Nissan punya komitmen yang kuat untuk konsumen di Indonesia dan juga network dan partner kami di Indonesia," ucap Regional Senior Vice President Asian dan Oseania Nissan, Yutaka Sanada di Filipina Maret 2018.

Di Indonesia, Nissan hingga kini menawarkan delapan modelnya untuk masyarakat Indonesia. Tercatat ada Livina, Serena, X-Trail, Terra, Navara, Elgrand, March, dan Juke. Serena dan Elgrand diboyong langsung dari Jepang. Sementara sisanya didatangkan dari Thailand.

Simak Video "Berdandan, Nissan X-Trail Punya Puluhan Fitur Baru"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com