Senin, 23 Sep 2019 10:37 WIB

Nissan Tutup Pabrik di Purwakarta?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Nissan. Foto: Ari Saputra Nissan. Foto: Ari Saputra
Jakarta - Nissan Motor Co. dikabarkan telah menutup salah satu pabriknya di Indonesia. Seperti diberitakan detikcom sebelumnya, Nissan sudah tidak memproduksi mobil lagi di Indonesia sejak Februari 2019 lalu.

Kabar ini diembuskan oleh website berita Jepang, japantimes.co.jp. Disebutkan, Nissan Motor Co telah menutup satu dari dua pabriknya di Indonesia yang terletak di Purwakarta, Jawa Barat. Hal itu disebutkan oleh sebuah sumber yang dekat dengan Nissan.



Disebutkan, Nissan telah berhenti memproduksi mobil merek Nissan di Indonesia. Diberitakan detikcom sebelumnya, dari data produksi yang dirilis Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), Nissan sudah absen memproduksi mobilnya sejak Februari 2019. Terakhir, pabrik Nissan memproduksi 180 unit mobil pada Januari 2019, yang terdiri dari 96 unit Grand Livina dan 84 unit Nissan X-Trail.

Mengutip data Gaikindo, mobil Nissan terakhir yang diproduksi di Indonesia adalah Grand Livina dan Nissan X-Trail. Sejak Livina menjadi kembaran Mitsubishi Xpander, Nissan tak lagi memproduksi MPV tersebut. Livina ditangani oleh Mitsubishi sebagai salah satu afiliasi Nissan. Nissan Livina dan Mitsubishi Xpander diproduksi berbarengan di pabrik Mitsubishi Motor Krama Yudha Indonesia (MMKI) kawasan GIIC, Delta Mas Cikarang.

Sementara Nissan X-Trail, masih dari sumber data yang sama, tak tercatat angka produksinya di Indonesia.



Laman japantimes.co.jp melansir, masih ada pabrik Nissan yang berdiri di Purwakarta, Jawa Barat. Pabrik itu memproduksi mobil merek Datsun. Di pabrik itu Datsun kabarnya memproduksi Go, Go+, dan Cross. Mengutip data Gaikindo, total pada periode Januari-Juni 2019, sebanyak 2.596 unit mobil Datsun di pabrik Purwakarta.

detikcom sedang mencoba mengonfirmasi kabar tutupnya salah satu pabrik Nissan di Indonesia melalui Head of Communications PT Nissan Motor Indonesia Hana Maharani. Namun, Hana belum merespons pertanyaan yang diajukan detikcom.

Sementara itu, sebelumnya diberitakan bahwa Nissan telah melakukan PHK karyawan di berbagai negara. Totalnya, Nissan mem-PHK 12.500 pekerja di berbagai negara.

Simak Video "Mobil-mobil Masa Depan Ala Nissan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com