Kamis, 19 Sep 2019 15:50 WIB

Ada Satu Lagi Nih Pejabat Kepincut Mobil Esemka

Dina Rayanti - detikOto
SUV Esemka Garuda. Foto: Ragil Ajiyanto SUV Esemka Garuda. Foto: Ragil Ajiyanto
Jakarta - Baru meluncur dalam hitungan minggu, mobil Esemka sudah menarik minat beberapa kalangan tak terkecuali pejabat. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo misalnya sudah menyatakan minatnya untuk membeli satu unit SUV Esemka jika nanti dirilis. Rencananya, Ganjar akan menggunakan mobil tersebut sebagai kendaraan dinasnya.

Seperti diketahui Esemka baru merilis satu mobil berupa pick-up Bima berbarengan dengan peresmian pabriknya di kawasan Desa Demangan Boyolali sekitar dua pekan lalu.


Namun di saat yang sama, ada juga tiga mobil SUV yang dipamerkan tanpa diketahui waktu peluncurannya. Ketiga mobil tersebut adalah Garuda 1, Rajawali, dan kendaraan antipeluru beremblem 'Moose'.

Meski belum jelas kapan diluncurkan, SUV tersebut juga berhasil memikat pejabat lain yakni Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa. Diberitakan Antara, Khofifah sudah ikutan antre untuk membeli satu unit Esemka itu.

Foto: Ragil Ajiyanto


"Mobil Esemka ini bagus dan rencananya saya juga ikut mengantre untuk membeli satu unit," ujar Khofifah.

Pada kesempatan tersebut, Khofifah memang sempat merasakan duduk di balik kemudi Esemka Garuda ditemani oleh istri Wakil Gubernur Jatim Arumi Bachsin.

"Meski Esemka ini ada di luar Jatim, namun pengembangan sektor otomotif bisa dikembangkan di sini, seperti diproduksi di beberapa kawasan industri di Jatim," jelasnya lagi.

Foto: Ragil Ajiyanto



Tampaknya Khofifah harus sedikit lebih bersabar menanti kehadiran SUV Esemka itu. Presiden Direktur PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) Eddy Wirajaya sempat mengatakan kalau pihaknya pada tahap awal ini fokus untuk mengembangkan pick-up terlebih dahulu dan menyasar daerah pedesaan di sekitaran Jawa Tengah.

Menurut Eddy hal itu lebih realistis bagi Esemka yang menjadi pemain baru di industri otomotif Tanah Air. Tapi mobil pick-up tak bisa diremehkan karena penjualannya tak pernah absen dari daftar mobil terlaris se-Tanah Air.

Simak Video "Intip Kemewahan Interior Esemka Garuda 1"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com