Kamis, 19 Sep 2019 14:56 WIB

Mobil Listrik Bisa Dicicil Tanpa DP?

Ridwan Arifin - detikOto
Kerja sama BRI Finance dan BMW Astra Foto: Ridwan Arifin Kerja sama BRI Finance dan BMW Astra Foto: Ridwan Arifin
Jakarta - PT BRI Multifinance (BRI Finance) menyambut positif kehadiran Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019 tentang Percepatan Program Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (Battery Electric Vehicle) untuk Transportasi Jalan.

Direktur Bisnis BRI Finance Handayatni Ariefiana Harjanti mengatakan sebagai perusahaan berpelat merah harus turut serta berkontribusi mendukung percepatan mobil listrik di Tanah Air.

"Ya kita sedang ke arah situ. Karena memang untuk mencintai lingkungan, kita juga mesti memberikan kontribusinya," ujar wanita yang akrab disapa Fifien di Jakarta, Kamis (19/9/2019).



Dalam menentukan mitra untuk kredit mobil listrik ini, Fifien mengatakan BRI belum melakukan kerjasama dengan pihak Agen Pemegang Merek (APM) manapun.

"Sedang mempersiapkan. Terus terang kami belum ada kerjasama khusus," ujarnya.

Tentu berharap dengan diterbitkannya Perpres mobil listrik itu bisa semakin mengembangkan industri mobil listrik ke depannya. Otoritas Jasa Keuangan pun memberikan keringanan dengan mengizinkan program DP nol persen. Fifien mengatakan saat ini masih belum menerapkan skema cicilan tersebut untuk kendaraan konvensional maupun kendaraan listrik.

"Pembiayaan kendaraan listrik, mengenai DP nol persen sudah diatur oleh OJK. Jadi kalau DP nol persen kita belum bisa," kata Fifien

"Kalau soal DP ini memang lazim bagi perusahaan pembiayaan itu sebagai mitigasi risiko. Kenapa? karena dengan adanya DP itu sense of belonging kendaraan itu akan lebih tinggi sehingga dia akan terjaga kualitas kreditnya juga, menjaga juga kelancaran pembayaran angsuran ke perusahaan pembiayaan bisa terjaga," jelasnya.

Kerja sama dengan BMW

Sementara itu BRI Finance bekerja sama dengan BMW Astra meluncurkan program jaminan beli kembali (buy back guarantee) untuk BMW seri 320i Sport Shadow Edition. Chief Executive BMW Astra Fredy Handjaja mengatakan program ini memberikan pelanggan kesempatan untuk mendapatkan BMW 320i Sport Shadow Edition, dan dapat ditukar dengan All-New BMW 320i yang diprediksi meluncur tahun depan.

"Melalui program ini pelanggan akan mendapatkan manfaat beli 1 dapat 2. Pelanggan mendapat BMW 320i Sport Shadow Edition sekarang dan digunakan hingga satu tahun ke depan, lalu di tahun depan akan ditukar dengan All New BMW 320i." ujar Fredy.



"Kerjasama antara BRI Finance dengan BMW Astra juga dilatarbelakangi oleh menariknya pasar otomotif khususnya untuk penyaluran pembiayaan secara kredit," ujar Direktur Bisnis BRI Finance Handayatni Ariefiana Harjanti.

"Pelanggan memiliki kesempatan untuk mencoba mobil baru dengan wama suka-suka tanpa perlu khawatir terhadap nilai jual kembali, karena warna apapun pasti akan diterima oleh BMW Astra Used Car," tambah Handayatni.

Program Jaminan Beli Kembali ini bisa didapatkan di seluruh jaringan BRI Finance dan BMW Astra di seluruh Indonesia. Setiap pembelian BMW di Astra akan mendapatkan 3 tahun garansi, 3 tahun perlindungan ban, 5 tahun servis berkala. 5 tahun keanggotaan AstraWorld dengan bantuan jalan raya 24-jam.

Simak Video "Grab Masih Pertimbangkan Mitranya Gunakan Kendaraan Listrik"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com