Kamis, 19 Sep 2019 13:24 WIB

Tol Mana yang Bakal Dipasang CCTV Seperti Sudirman-Thamrin?

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Lamhot Aritonang Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Demi ketertiban lalu lintas di jalan, pihak kepolisian bersama dengan pengelola jalan tol tengah mengkaji pemasangan kamera CCTV demi mengintai para pelanggar lalu lintas dalam sistem E-TLE (Electronic-Traffic Law Enforcement).

Sebagai informasi, sebelumnya sudah ada 12 kamera CCTV terpasang di 10 titik sepanjang ruas jalan Sudirman-Thamrin terkait sistem E-TLE ini. Kamera tersebut tak hanya sekadar dipasang, melainkan juga bisa digunakan sebagai bukti untuk menilang para pelanggar lalu lintas lebih akurat di jalan.


Penerapan E-TLE yang serupa dengan ruas Sudirman-Thamrin rencananya bakal pula diterapkan di ruas jalan bebas hambatan alias jalan tol. Meski begitu, pihak kepolisian masih belum bisa memastikan kapan sistem E-TLE bakal diberlakukan di ruas tol begitupun dengan ruas jalannya karena masih sebatas MoU dengan Jasa Marga.

"Teknis untuk sistem dikaji, minimal seperti yang sudah jalan (seperti di Sudirman-Thamrin)," ungkap Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP M Nasir ketika dihubungi detikcom, Kamis (19/9/2019).

E-TLE ini memang diterapkan agar masyarakat lebih sadar untuk mematuhi aturan lalu lintas termasuk di jalan tol. Di ruas Sudirman-Thamrin setidaknya kamera CCTV kerap menangkap para pelanggar yang tak menggunakan seat belt, aturan ganjil-genap, dan masih menggunakan ponsel ketika berkendara.



Untuk di jalan tol, pihak kepolisian nantinya bakal mengincar para pengendara yang doyan kebut-kebutan. Seperti diketahui saat melintas di jalan tol ada batas kecepatan tertentu yang harus dipatuhi para pengendara. Nyatanya masih ada pengendara yang nakal melanggar batas kecepatan.



Simak Video "Kamera Tilang Elektronik Intai Pelanggaran Pengemudi Nakal"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com