Kamis, 19 Sep 2019 13:24 WIB

Tol Mana yang Bakal Dipasang CCTV Seperti Sudirman-Thamrin?

Dina Rayanti - detikOto
Foto: Lamhot Aritonang Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Demi ketertiban lalu lintas di jalan, pihak kepolisian bersama dengan pengelola jalan tol tengah mengkaji pemasangan kamera CCTV demi mengintai para pelanggar lalu lintas dalam sistem E-TLE (Electronic-Traffic Law Enforcement).

Sebagai informasi, sebelumnya sudah ada 12 kamera CCTV terpasang di 10 titik sepanjang ruas jalan Sudirman-Thamrin terkait sistem E-TLE ini. Kamera tersebut tak hanya sekadar dipasang, melainkan juga bisa digunakan sebagai bukti untuk menilang para pelanggar lalu lintas lebih akurat di jalan.


Penerapan E-TLE yang serupa dengan ruas Sudirman-Thamrin rencananya bakal pula diterapkan di ruas jalan bebas hambatan alias jalan tol. Meski begitu, pihak kepolisian masih belum bisa memastikan kapan sistem E-TLE bakal diberlakukan di ruas tol begitupun dengan ruas jalannya karena masih sebatas MoU dengan Jasa Marga.

"Teknis untuk sistem dikaji, minimal seperti yang sudah jalan (seperti di Sudirman-Thamrin)," ungkap Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP M Nasir ketika dihubungi detikcom, Kamis (19/9/2019).

E-TLE ini memang diterapkan agar masyarakat lebih sadar untuk mematuhi aturan lalu lintas termasuk di jalan tol. Di ruas Sudirman-Thamrin setidaknya kamera CCTV kerap menangkap para pelanggar yang tak menggunakan seat belt, aturan ganjil-genap, dan masih menggunakan ponsel ketika berkendara.



Untuk di jalan tol, pihak kepolisian nantinya bakal mengincar para pengendara yang doyan kebut-kebutan. Seperti diketahui saat melintas di jalan tol ada batas kecepatan tertentu yang harus dipatuhi para pengendara. Nyatanya masih ada pengendara yang nakal melanggar batas kecepatan.



Simak Video "Siap-siap! Tahun 2020 Sepeda Motor Juga Ditilang Elektronik"
[Gambas:Video 20detik]
(dry/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com