Rabu, 18 Sep 2019 13:47 WIB

Tentang Land Cruiser, SUV yang Ditumpangi Jokowi Tinjau Karhutla

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Toyota Foto: Toyota
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Kabupaten Pelalawan, Riau. Saat itu, Jokowi tidak menggunakan mobil dinas Mercedes-Benz S600 Guard atau mobil cadangannya. Jokowi malah menumpangi sebuah SUV.

Saat menuju titik karhutla setelah turun dari helikopter, Jokowi menumpangi mobil Toyota Land Cruiser. Disebutkan, mobil dinasnya Mercedes-Benz S600 Guard dan Toyota Alphard (mobil cadangan) berada di Pekanbaru yang berjarak 4 jam dari Pelalawan. Alhasil, mobil Land Cruiser dipakai. Land Cruiser ini adalah mobil sewaan.

"Kalau presiden ke daerah itu, kalau memungkinkan waktu kita bawa mobil dari sini. Tapi kan kalau tidak memungkinkan dan jalannya rusak, ya sewa," ujar Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin saat dihubungi, Rabu (18/9/2019).



Bicara soal mobil yang ditumpangi Jokowi, Toyota Land Cruiser merupakan salah satu SUV yang tergolong mobil mewah. Sebagai sebuah SUV, tentunya Land Cruiser memang cocok digunakan di berbagai medan jalan. Untuk digunakan di jalan rusak pun diklaim tetap nyaman digunakan.

Di Indonesia, PT Toyota Astra Motor (TAM) secara resmi menjual Toyota Land Cruiser. Ada dua tipe yang dijual TAM secara resmi, yaitu Toyota Land Cruiser standar dan Full Spec.

Harganya, Toyota Land Cruiser standar dibanderol Rp 2.059.650.000. Sedangkan untuk full spec dijual seharga Rp 2.370.950.000.



Toyota Land Cruiser yang tertera dalam laman resmi Toyota Astra Motor menggunakan mesin diesel V8 4.461 cc dengan transmisi otomatis triptonic 6 percepatan.

Sebagai SUV yang tergolong mewah, Land Cruiser dibekali beragam fitur keamanan dan keselamatan. Beberapa di antaranya mobil ini memiliki blind spot monitoring, rear cross traffic allert, beberapa airbag di dalam mobil, hill assist control, vehicle stability control, dan pastinya ada ABS (anti-lock braking system), EBD (Electronic brakeforce distribution), BA (brake assist).

Toyota Land Cruiser kerap dipilih oleh berbagai kalangan, mulai dari pengusaha, politisi sampai pejabat. Ketua KPK baru, Firli Bahuri, dalam catatan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) pada 29 Maret 2019 disebut memiliki sebuah Toyota Land Cruiser Prado dengan mesin 2.700 cc. Masih banyak pejabat dan figur yang menggunakan mobil serupa.

Simak Video "Jokowi-Prabowo Kompak Jalin Kemesraan"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com