Rabu, 18 Sep 2019 13:05 WIB

Ada Ferrari yang Masih Nunggak Pajak, Berapa Tarif Pajaknya?

Rizki Pratama - detikOto
Logo Ferrari Foto: Dadan Kuswaraharja Logo Ferrari Foto: Dadan Kuswaraharja
Jakarta - Badan Pajak dan Retribusi Daerah (BPRD) Pemprov DKI Jakarta menghimbau pemilik mobil mewah untuk melunasi tunggakan pajaknya. BPRD bahkan melakukan pertemuan khusus dengan komunitas mobil mewah agar mereka mau membayar pajak yang tertunggak. Setidaknya ada 1.500 unit kendaraan mewah yang jika ditotal pajaknya mencapai Rp 50 miliar.

Di antara mobil mewah tersebut ada mobil Ferrari sebanyak 70 unit yang belum lunas pajaknya berdasarkan data BPRD. Namun saat Ketua Umum komunitas Ferrari Owners Club Indonesia (FOCI) diajak bertemu BPRD, saat itu pula 19 pemilik mobil Ferrari langsung melunasi pajaknya.



Lantas berapa ya kira-kira biaya pajak mobil Ferrari sampai ada yang menunggak pajak? Biaya pajak mobil Ferrari sendiri beragam.

Untuk mobil-mobil Ferrari model lama seperti Ferrari Modena di kisaran Rp 20 sampai Rp 30 juta. Ferrari F355 yang lebih tua dari itu pajaknya Rp 20 juta sedangkan Ferrari California mencapai Rp 60-70 juta.

"Modena Rp 20-30 juta. Lebih tua lagi 355 itu Rp 20 jutaan, California 60-70 juta setahun kalau nunggak 5 tahun Rp 300 juta itu belum sanksinya," ungkap Ketua FOCI Hanan Supangkat saat ditemui di kawasan SCBD dalam pertemuannya dengan BPRD.

Sementara itu untuk model-model terbaru seperti seri 488, F8, dan kawan-kawannya memiliki rentang biaya pajak dari Rp 100-150 juta setiap tahunnya. "Yang baru Rp 100 juta sampai Rp 150 juta rangenya di luar progresif," kata Hanan.



Dari total 70 Ferrari yang pajaknya menunggak itu tidak ada data pasti apakah mereka tergabung dalam anggota FOCI. Di Indonesia sendiri ada kurang lebih 500 unit Ferrari yang mengaspal sedangkan FOCI anggotanya berisikan 130 mobil.

"Anggota 130 anggota Ferrari semua, dapat laporan 70 katanya, mungkin yang dapat laporan di luar. Populasi Ferrari di Indonesia ada 500 jadi kalau ada 70 berarti ada 15% (penunggak pajak). Kalau kita dari club akan encourage khusus di bawah saya teman-teman akan ada komunikasi," pungkasnya



Simak Video "Selain Harley, Ferrari di Lambung Garuda Minta Diusut"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com