Rabu, 18 Sep 2019 12:47 WIB

Biar Nggak Nyesel, Perhatikan Ini Sebelum Beli Mobil Pertama

Alfi Kholisdinuka - detikOto
Ilustrasi beli mobil pertama/Foto: Shutterstock Ilustrasi beli mobil pertama/Foto: Shutterstock
Jakarta - Memiliki mobil merupakan impian bagi setiap orang, selain dapat membantu mobilitas sehari-hari juga bisa menjadi investasi terbesar dalam hidup sehingga mampu meningkatkan produktivitasmu dalam bekerja. Karena itu, agar tidak salah dalam memilih kendaraan, sebaiknya pertimbangkan dulu dengan matang sebelum membelinya.

Memiliki banyak daftar pilihan mobil dalam memilih mobil pertama bagi pemula adalah hal yang wajar. Itu berguna agar kamu bisa mendapatkan mobil terbaik yang sesuai dengan kebutuhanmu. Tapi, jangan terlalu banyak pertimbangan juga hingga akhirnya membuatmu mengurungkan niat untuk membelinya.

Ketika kamu sudah memiliki penghasilan tetap dan berencana memiliki mobil pertama, pastikan hal-hal berikut ini kamu ketahui dahulu agar tidak menyesal di kemudian hari.

Kegunaan Mobil

Sebelum memilih mobil pertama, ada baiknya cari tahu dahulu kendaraan model apa yang kamu inginkan dan sesuaikan dengan kegunaannya. Hal itu dapat membantumu mendapatkan mobil yang sesuai. Misal, kamu yang sudah berkeluarga dan memiliki anak, pastikan mencari mobil yang dapat membantu dalam beraktivitas harian bersama keluarga. Tapi, jika kamu masih sendiri dan menyukai aktivitas ke berbagai kota, pilih mobil sport serbaguna yang bisa melibas berbagai rintangan yang ada.

Ketahui Harganya dan Biaya Perawatan

Setelah mengetahui model mobil yang diinginkan, pastikan harganya sesuai dengan yang kamu harapkan. Jangan sampai mobil yang kamu inginkan memiliki harga di luar ekspektasi. Riset penting dilakukan untuk mengetahui berapa pengeluaran dari biaya kepemilikan serta perawatan yang akan kamu hadapi nantinya. Biaya kepemilikan ini tidak hanya meliputi suku cadang tapi pajak tahunannya.

Pilih Mobil Baru

Karena ini momen perdana dalam urusan beli mobil. Sebaiknya kamu memilih mobil baru untuk menunjang kebutuhan mobilitas. Hal ini penting dalam menjaga kenyamanan soal kepemilikan mobil sehingga kamu akan terbantu dengan berbagai urusan administrasi dalam hal kepemilikan ini.

Ada banyak mobil baru yang bisa menjadi pilihan untuk berkendara seperti tipe mobil MPV yang cocok untuk aktivitas bersama keluarga. Dari segi kapasitas penumpang, MPV dapat menampung hingga 7-8 orang. Untuk kapasitas mesin mobil jenis ini rata-rata di atas 1.500 cc sehingga tenaganya dapat diandalkan. Beberapa jenis mobil MPV yang bisa menjadi pilihan kamu yaitu Toyota, Avanza, Daihatsu, Xenia, Isuzu dan lain-lain.

Sementara mobil jenis SUV bisa jadi alternatif kamu, mobil jenis ini sangat ideal dipakai untuk melibas jalanan berbatu atau medan off road yang ringan. Dari segi mesin, mobil SUV rata-rata berkapasitas besar sehingga konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros. Beberapa pilihan mobil SUV yang bisa menjadi pilihan, seperti Daihatsu Terios, Toyota Rush Toyota Fortuner, Toyota Land Cruiser, dan lain-lain.

Nah, bagi kamu yang sudah berencana membeli mobil impian pertama, ada program menarik nih. detikcom bekerja sama dengan Seva.id memberikan kemudahan memiliki kendaraan roda empat dalam program KESAMBERHADIAH (Kejutan Spesial September Oktober Berhadiah).

Dengan mengikuti KESAMBERHADIAH, kamu bisa mendapatkan hadiah dp mobil total ratusan juta rupiah, voucher belanja total jutaan rupiah, dan iPhone XR. Caranya mudah, isi data diri kamu dan alasan unik mengapa kamu berhak dibayarin DP mobil di sini. Periode promo ini berlaku sejak 10-23 September 2019 dan pemenang akan diumumkan pada 24 September 2019.

Ayo ikuti program KESAMBERHADIAH untuk mendapatkan hadiah utama DP mobil dan hadiah menarik lainnya, segera daftar di sini.

Simak Video "Geliat Kesibukan Pelabuhan Babang"
[Gambas:Video 20detik]
(prf/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com