Selasa, 17 Sep 2019 18:43 WIB

Beroperasi 24 Jam, Pabrik Ini Bisa Produksi 33 Ribu Ban Setiap Harinya

Luthfi Anshori - detikOto
Pabrik Hankook di Cikarang Foto: Luthfi Anshori Pabrik Hankook di Cikarang Foto: Luthfi Anshori
Bekasi - PT Hankook Tire Indonesia jadi salah satu pemain di industri komponen kendaraan bermotor di Indonesia. Perusahaan yang punya fasilitas produksi di Cikarang ini sanggup memproduksi puluhan ribu ban setiap harinya.

"Setiap harinya (24 jam-Red) pabrik kami bisa membuat 32 ribu sampai 33 ribu buah ban," terang Senior Manager Hankook Tire Indonesia, Diding Suhendri, di Cikarang, Bekasi, Selasa (17/9/2019).



Apa yang menjadi rahasia pabrik seluas 600 ribu meter persegi itu bisa membuat ban sebanyak itu? Teknologi adalah kuncinya.

Dalam pengamatan detikcom, pabrik Hankook Indonesia yang beroperasi sejak 2012 itu sangat mengandalkan sistem otomatisasi. Pabrik ini mengandalkan kerja robot yang diseting menggunakan komputer, sehingga presisi dan bisa memproduksi barang dalam skala masif.

Beroperasi 24 Jam, Pabrik Ini Bisa Produksi 33 Ribu Ban Setiap HarinyaFoto: Luthfi Anshori


"Dari segi produksi, sekarang kami ditunjang oleh teknologi full auto, hampir tidak tersentuh tangan manusia. Sehingga potensi reject kecil sekali. Kalau dulu potensi reject, sampai 40-50 ban per hari. Sekarang zero, paling hanya ditemukan 5-10 ban reject, itu pun dalam jangka 3 bulan," terang Diding.

Meski demikian, ada beberapa proses yang tetap mengandalkan tenaga manusia. Contohnya saat menaruh gulungan kawat untuk membuat bead, menyusun bagian anyaman kawat, karet tapak ban dalam, karet tapak ban luar, dan material tekstil, termasuk saat proses quality control.

Simak Video "Pecah Ban, Mobil Rombongan Petakziyah di Pasuruan Keluar Jalur"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com