Selasa, 17 Sep 2019 11:34 WIB

Oktober, Daihatsu Tuntaskan Kendala Inden Panjang Sigra Matik

Rizki Pratama - detikOto
Interior Daihatsu Sigra Foto: Rizki Pratama Interior Daihatsu Sigra Foto: Rizki Pratama
Jakarta - Daihatsu mengalami kendala dalam memenuhi permintaan mobil varian bertransmisi matiknya. Masalah ini berasal dari kapasitas pabrik yang lebih kecil daripada permintaan pasar sehingga pemesanan varian transmisi otomatis harus menunggu lebih lama daripada transmisi manual.

Menyadari hal tersebut, Daihatsu sudah menyelesaikan masalah tersebut dan masa tunggu yang lama untuk varian otomatis bisa dipangkas mulai bulan Oktober 2019 ini.

"Susah itu baru saja, sebelumnya nggak masalah. Matik akan selesai untuk sekitar Oktober karena pabrikan (transmisi) matik kami itu dari Jepang," kata Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor (ADM), Amelia Tjandra di peluncuran New Daihatsu Sigra Summarecon Mall, Tangerang, Senin (16/9/2019).





Kesulitan pengadaan varian transmisi otomatis disebabkan permintaannya secara global sedang tinggi. Untuk Indonesia sendiri harus terpaksa berbagi itu dengan pabrikan di Jepang yang kapasitasnya terbatas.

"Permintaan matik dunia tinggi sehingga kapasitas pabrik belum bisa imbangi demand, bulan September tidak masalah lagi, Oktober semua mobil matik, Sigra bisa dipenuhi," ungkap wanita yang disapa Amel ini.





Untuk Sigra sendiri konsumen matik tak terlalu besar jika dibandingkan dengan transmisi manual. Setidaknya hanya 5 persen Sigra bertransmisi otomatis yang laris sedangkan sisanya 95 persen berasal dari transmisi manual. Hal ini dikarenakan pada segmen LCGC perbedaan harga manual dan matik dirasa terlalu tinggi untuk pasar di bawah.

"Data menunjukkan matik cuma 5 persen. 95 persen manual. Karena ada perbedaan harga beli matik tambah Rp 10 juta. Buat LCGC Rp 10 juta nggak murah. Otomatis mempengaruhi pilihan mereka," pungkasnya.
Lihat video: Tampang Anyar Daihatsu Sigra

[Gambas:Video 20detik]

(rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com