Jumat, 13 Sep 2019 19:35 WIB

Beda Rp 70 Jutaan, Ini Beda Corolla Altis Bensin dan Hybrid

Ridwan Arifin - detikOto
All New Corolla Altis Hybrid Foto: Toyota All New Corolla Altis Hybrid Foto: Toyota
Jakarta - All New Corolla Altis meluncir di Tanah Air dengan tiga model, yakni G, V, dan Hybrid. Varian Hybrid adalah yang paling tinggi dengan banderol Rp 566,3 Juta.

Bila dibandingkan dengan model V, harga varian hybrid terpaut Rp 70 jutaan. Sementara untuk model G, terpaut sekitar Rp 98,3 juta.

PT Toyota Astra-Motor menjelaskan rentang antara harga tersebut dinilai dari teknologi, fitur antara Corolla Altis hybrid dan bensin. Seperti apakah perbedaannya?


Pertama mesin, All New Corolla Altis masih tetap mengusung mesin berkubikasi 1.800 cc dengan kode 2ZR-FBE 4-silinder. Mesin VVT-i tersebut diklaim mampu memuntahkan tenaga sebesar 40 tk dan torsi maksimal hingga 177 Nm.

Sementara model Hybrid berbagi platform dengan CH-R Hybrid, kode mesin 2ZR-FXE 1.8-liter VVT-i dapat mengeluarkan daya 98 tk dan torsi 142 Nm. Sementara motor listriknya disebut menggunakan Permanent Magnet Synchronous, dengan daya 600 volt bisa menghasillan tenaga 72 tk dan torsi 163 Nm.

Tidak hanya tenaga yang dihasilkan lebih besar, akselerasi pun diklaim lebih cepat. Pun demikian dengan konsumsi bahan bakar.


Berdasarkan data uji coba yang dilakukan Toyota, mesin bensin untuk mencarpai titik 0-100 km/jam memerlukan waktu 13,7 detik. Sementara mesin hybrid lebih cepat dengan catatan waktu 12,6 detik.

Corolla Altis tipe VCorolla Altis tipe V Foto: Ridwan Arifin/detikOto


Alasan di atas juga membuat Toyota tidak lagi menghadirkan mesin 2.000 cc pada Corolla. "1.800 cc ditambah motor listrik hybrid power bisa melebihi engine 2.000 cc. Makanya dapat memenuhi akselerasi yang lebih bagus dari bensin biasa," kata Direktur Pemasaran PT TAM Anton Jimmi.

Di sisi lain Corolla Altis Hybrid juga diklaim lebih irit BBM 70 persen serta lebih ramah lingkungan sebab emisi lebih baik 60 persen dari kendaraan bensin.

Fitur-fitur

Sistem keamanan standar yang wajib dimiliki ketiga model adalah Antilock Braking (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), Brake Assist (BA), Vehicle Stability Control (VSC) dan Hill Start Assist (HSA). Ditambah tujuh kantong udara dan untuk varian V dan Hybrid sudah dilengkapi Blind Spot Monitor.

Khusus mobil hybrid, pertama kalinya disematkan di Indonesia penggunaan Toyota Safety Sense merupakan platform baru untuk fitur keselamatan berkendara dengan level tertinggi. Di antaranya Pre Collision System (PCS), Dynamic Radar Cruise Control (DRCC), Lane Departure Alert (LDA), serta Automatic High Beam (AHB).


"Itu adalah salah satu pembeda antara hybrid dan non hybrid. Kalau biasanya fitur-fiturnya antara hybrid dan non hybrid itu mirip. Kali ini kami memberikan yang agak berbeda, agar konsumen bisa merasakan perbedaan," kata Anton Jimmi.

Lebih lanjut untuk hiburan pada mobil hybrid sudah disematkan multimedia dengan 8" unit display yang terintegrasi dengan sistem monitor hybrid, bluetooth, wifi, apple car play, smart device link dan miracast.

Simak Video "Sekeren Apa All New Corolla Altis?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com