Jumat, 13 Sep 2019 17:33 WIB

Mercy Antik Milik Habibie, Pintunya Dibuka seperti Burung Mengepak

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mercedes-Benz 300SL Gullwing. Foto: Dok. Mercedes-Benz Mercedes-Benz 300SL Gullwing. Foto: Dok. Mercedes-Benz
Jakarta - Mercedes-Benz 300SL Gullwing merupakan salah satu mobil ikonik yang tenar di tahun 1950-an. Presiden Ketiga Indonesia BJ Habibie memiliki mobil itu yang direstorasi setelah ditemukan di hutan.

Diwartakan New Zealand Herald, mobil ini ditemukan di hutan Sumatera. Saat ditemukan, mobil ini terbengkalai dan berkarat. Habibie kemudian membangun kembali mobil itu dengan menggabungkan bingkai Gullwing dan beberapa bagian dari model SL modern.

Pada 1950-an, mobil ini menjadi idaman banyak orang sebagai penggemar mobil sport dengan desain yang unik dan kekuatan yang luar biasa.



Ide mobil ini adalah dari Amerika Serikat, ketika itu importir AS Maximilian Hoffman membutuhkan mobil sport Mercedes-Benz yang hebat. Akhirnya pada 1954 Mercedes-Benz meluncurkan Mecedes-Benz 300SL Gullwing ini di International Motor Sports Show di New York.

Mengutip laman Mercedes-Benz, mobil ini menjadi mobil penumpang produksi empat tak pertama di dunia yang dilengkapi dengan injeksi bahan bakar langsung (direct fuel injction) yang meningkatkan output dan efisiensi.

Gullwing. Gullwing. Foto: AN Uyung Pramudiarja


Tenaga mesinnya tembus 215 daya kuda. Kecepatan tertingginya bisa mencapai 250 km/jam tergantung pada rasio final drive. Itu menjadikan Mercedes-Benz 300SL sebagai mobil produksi tercepat pada zamannya.



Yang unik dari mobil ini adalah pintunya. Ketika dibuka, pintu mobil 'burung camar' ini akan terbuka ke atas, seperti burung yang mengepakkan sayapnya.

"Gullwing itu diciptakan memang untuk balapan, ada championship pada tahun itu di mana ketika terjadi apa-apa pada pembalap, akan lebih mudah membawa keluar pembalapnya, dengan pintu gullwing lebih cepat diangkat. Jadi dari estetika, safety dipertimbangkan," kata Presiden Mercedes-Benz Club INA, Mahar Corleone, kepada detikcom, Jumat (13/9/2019).

"Menurut tafsiran saya Gullwing itu analog dari pesawat terbang. Kalau dibuka pintunya seperti sayap. Jadi bagi orang yang suka pesawat terbang, Gullwing itu menjadi suatu kesenangan luar biasa," ucapnya.

Simak Video "Habibie akan Terus Hidup di Layar Lebar"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com