Jumat, 13 Sep 2019 14:08 WIB

Kisah Habibie Temukan Mobil Antik 'Burung Camar' di Hutan Sumatera

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Youtube/The Bramantyos Foto: Youtube/The Bramantyos
Jakarta - Presiden Ketiga Indonesia BJ Habibie diketahui memiliki hobi otomotif. Di garasinya terdapat mobil-mobil antik. Salah satunya adalah Mercedes-Benz 300SL Gullwing.

Ini adalah Mercedes-Benz 300SL Gullwing yang telah direstorasi. Pintunya bisa terbuka ke atas mirip burung camar. Mobil dipulihkan kondisinya agar terlihat seperti Gullwing asli tahun 1950-an.

Uniknya, diwartakan New Zealand Herald, mobil ini ditemukan di hutan Sumatera. Saat ditemukan, mobil ini terbengkalai dan berkarat.



Habibie dan agen Mercedes-Benz di Jakarta kemudian membangun mobil itu kembali. Mobil itu menggabungkan desain bingkai Gullwing dengan bagian-bagian dari model SL modern.

Butuh waktu 2,5 tahun untuk menyegarkan Gullwing tersebut. Mobil itu menggunakan setir kanan, mesin straight-sox modern dengan transmisi otomatis modern.

Habibie membangun kembali SL pada 1980-an setelah dia kembali ke Indonesia dari Jerman.

Mercedes-Benz 300SL Gullwing 1955 versi asli harganya bisa tembus Rp 30 miliar. Beberapa kali lelang mobil ini harganya hampir Rp 30 milliar. Apalagi jika mobilnya masih asli dan odometernya sedikit.



Ditelusuri melalui laman jual beli mobil antik di Inggris, Classic Trader, harga Mercedes-Benz 300SL Gullwing bervariasi. Paling mahal, Mercedes-Benz 300SL Gullwing 1955 harganya 1.693.062 poundsterling atau setara Rp 29 miliaran.

Mercedes-Benz 300SL Gullwing merupakan salah satu mobil ikonik. Mobil ini unik karena memiliki pintu gullwing yang kalau dibuka daun pintunya akan ke atas, seperti burung yang sedang mengepakkan sayapnya.

Mobil ini menggendong mesin jenis straight-six 3.000 cc berpendingin air. Performanya cukup ganas untuk mobil pada zamannya. Akselerasi dari posisi diam hingga kecepatan 100 km/jam cuma butuh waktu 9,3 detik sebelum menyentuh kecepatan tertinggi 235 km/jam.

Simak Video "Habibie akan Terus Hidup di Layar Lebar"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com